4 December 2014

by Bambang Winarso

Update Software Versi Terbaru Meluncur Untuk Nokia 130 dan 130 Dual SIM

Masih ingat dengan Nokia 130? Salah satu varian featured phone yang masih membawa brand Nokia tersebut ternyata masih memperoleh perhatian dari Microsoft. Buktinya, mereka baru saja merilis update piranti lunak ke versi terbaru untuk varian Nokia 130 termasuk versi dual SIM-nya.

Peluncuran update ini tepat saat Nokia 130 berusia tiga bulan sejak memulai debut pada bulan Agustus lalu. Dalam update ini Microsoft menyoroti beberapa permasalahan yang ditemukan.

Pertama, versi ini adalah perbaikan pesan 'errorContacts not ready'ย yang sepertinya cukup mengganggu pengguna perangkat. Di versi terbaru ini masalah tersebut dipastikan sirna.

Kedua, Microsoft menambahkan satu lagi dukungan bahasa Bulgaria khusus untuk negara-negara tertentu saja. Dan terakhir adalah peningkatan performa dan stabilitas operasional sistem perangkat. Sayangnya, update software ini hanya tersedia untuk pengguna di wilayah Eropa.

Kemudian untuk Series 30+ tidak dapat melakukan update via OTA, melainkan harus melalui Nokia Software Recovery Tool yang panduannya bisa dibaca di tautan ini.

 

Info Menarik: [Video] BlackBerry Classic Hadirkan Browser Yang Lebih Cepat

 

Dari peluncuran update ini kita bisa lihat bahwa Microsoft punya perhatian yang cukup baik untuk varian ini walaupun kedua varian perangkat bukanlah anak emas mereka. Di segmen mobile, Nokia 130 punya posisi yang unik.

Di satu sisi mereka adalah dua varian feature phone yang masih dipertahankan oleh Microsoft termasuk brand Nokia yang dibawa dengan menyasar kelas entry level. Sementara di sisi lain varian ini punya tugas berat melawan arus perkembangan yang ada. Sebagaimana kita ketahui banyak vendor terus menggempur pasar berkembang dengan smartphone yang berbanderol murah.

Meskipun berbanderol murah dan berlabel feature phone, Nokia 130 tidaklah 'sekuno' yang dibayangkan. Perangkat ini dibekali video player, MP3 player dan FM Radio. Untuk ponsel semurah itu tampaknya Nokia 130 tetap dapat diandalkan untuk jadi hiburan bagi pengguna sesuai pasarnya.

Bahkan saat memutar video, ponsel ini mampu bertahan hingga 16 jam. Artinya dengan durasi 3 jam per filmnya, maka Nokia 130 mampu memutar hingga 5 film dalam satu kali pengisian baterai.

Yang menarik dari varian ini adalah harganya yang sangat murah yakni hanya $25 atau sekitar Rp 300.000 per unitnya.

Sumber berita Ubergizmo.