Update Terbaru Windows 8.1 Meluncur 8 April, Ini Kumpulan Fitur Barunya

Microsoft telah mengumumkan secara resmi  informasi akan update untuk sistem operasi Windows 8.1. Pembaruan untuk sistem operasi ini dilakukan oleh Joe Belfiore dalam acara perhelatan tahunan Microsoft Build di San Fransisco.

Seperti yang sudah-sudah akan ada hal baru yang menjadi oleh-oleh istimewa bagi penggunanya di seluruh dunia. Dalam acara ini Joe juga mengumumkan kepastian rilis Windows 8.1 Update serta tentunya berbagai fitur baru yang disematkan.

 

Info Menarik: MSI ProBox23 Adalah PC Barebone Mini-ITX Pertama Mereka

 

Lengkapnya, berikut adalah rangkumkan beberapa fitur baru Windows 8.1 yang akan segera dapat Anda nikmati:

Tombol Power dan Pencarian

Sebagai upaya menghantarkan kesan yang kuat akan kemudahan akses, Microsoft menambahkan dua buah tombol baru di Start Screen yaitu tombol Power dan pencarian alias Search, tombol pencarian berada di sudut kanan atas layar atau di sebelah panel Profile.

Dengan adanya dua tombol tersebut pengguna dapat mematikan perangkat atau mencari aplikasi, data, atau tool lain lebih cepat karena bisa dilakukan langsung melalui Start Screen.

 

Info Menarik: Tahukah Anda, Gmail Sedang Merayakan Ulang Tahunnya yang Kesepuluh

 

Sementara untuk tampilan desktop, pengguna kini dapat menyematkan shortcut aplikasi ataupun alamat web favorit ke panel taskbar. Dengan begitu pengguna dapat menjalankan aplikasi atau bertukar tampilan desktop dengan cepat. Sementara untuk menampilkan taskbar Anda cukup menggerakan kursor ke sudut sudut bawah layar perangkat.

Sistem Merespon Gerakan Mouse dan Menu Context Baru

Hal baru selanjutnya adalah respon sistem terhadap posisi mouse, setiap kali kursor di arahkan ke sudut atas maka tombol silang atau closed akan muncul secara otomatis. Begitu juga apabila diarahkan ke dasar layar, maka panel taskbar akan muncul. Fitur responsif semacam ini membuat layar terasa lebih lebar saat digunakan.

Fitur lainnya berupa tambahan menu context yang dapat Anda akses dengan cara mengklik kanan mouse Anda tepat di salah satu shortcut di Start Screen sebagaimana yang biasa Anda dapat lakukan di desktop.

Kemudahan Menemukan Aplikasi

Update terbaru Windows 8.1 membawa perubahan pada di mana shortcut Windows Store diletakkan di panel taskbar selain juga dapat ditemukan di Start Screen.

Kemudian setiap kali memasang aplikasi baru, sistem akan memberikan informasi berapa aplikasi yang baru saja dipasang tepat di sudut kiri bawah layar Start Screen yang ditandai dengan ikon bergambar panah menghadap ke bawah.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Signature di Layanan Yahoo dan Gmail

 

Selain pembaruan yang sudah dirangkum di atas, Microsoft juga membekali update terbaru ini dengan kemampuan adaptasi khususnya untuk aplikasi Internet Explorer 11. Di mana secara pintar aplikasi akan menyesuaikan ukuran font, tampilan jumlah tab, tampilan menu namun dengan orientasi layar dan tampilan yang tetap berada di tengah meskipun Anda menjelajah internet dengan perangkat tablet berukuran 8 inci ataupun desktop 24 inci.

Update Windows 8.1 yang diberi kode KB2919355 ini akan mulai dilansir ke seluruh pengguna Windows 8.1 dan Windows RT 8.1 pada tanggal 8 April mendatang. Pengguna dapat melakukan update langsung melalui tool Windows Update secara gratis, sementara itu khusus untuk pelanggan MSDN, Microsoft telah memberikan akses istimewa yang bisa diunduh mulai kemarin waktu setempat.

Universal Windows App

Di momen yang nyaris sama, tepat pada ajang tahunan Microsoft Build 2014, Microsoft juga memperkenalkan tool baru yaitu universal Windows app yang diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi. Tool ini memungkinkan pengembang untuk membuat layanan yang dapat bekerja di lintas platform baik Windows Phone, tablet, PC hingga Xbox One.

Tool ini sangat memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan rancangan tatap muka yang unik, di mana mampu bekerja di perangkat dengan atau tanpa keyboard sama baiknya.

Sayangnya pengguna sedikit 'dirugikan' karena untuk dapat menggunakan aplikasi di platform yang berbeda, pengguna harus membayar biaya tambahan untuk setiap platform yang diinginkan. Contoh penerapannya bisa jadi seperti ini, pengembang menyematkan harga aplikasi secara langsung agar pengguna bisa memakai aplikasi tersebut di beberapa perangkat atau menyematkan dua harga yang terpisah.

Berikut video penjelasan resmi dari Microsoft atas Windows 8.1 Update.

Sumber berita Blogs/Windows, Cnet, Theverge