Categories

Mobile

Update Widows 10 Mendatang, Microsoft Hadirkan Notifikasi Android di PC

Untuk menggunakan fitur ini, dibutuhkan aplikasi Cortana yang terpasang pada perangkat Android yang digunakan

Oki Rosgani - 5 April 2016

Pada sebuah perhelatan yang bertajuk Microsoft Build yang diadakan belum lama ini, Microsoft telah mengumumkan bahwa versi pembaharuan dari platform Windows 10 atau yang dinamakan 'anniversary update' akan memiliki fitur menarik.

Salah satu dari fitur yang akan dijejalkan pada platform Windows 10 versi update itu adalah kemampuan untuk bisa menerima notifikasi dari perangkat smartphone yang berjalan dengan Windows Phone dan Android.

Menurut kabar yang kami rangkum melalui situs Liliputing, nantinya panggilan tidak terjawab, pesan masuk, serta notifikasi lain yang muncul dari smartphone Android itu akan diteruskan dan muncul di layar komputer yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10 versi update tadi.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat membuka dan membalas pesan tersebut langsung dari perangkat PC yang terhubung tanpa harus menyentuh smartphone sama sekali, bahkan ketika smartphone tersebut dalam keadaan terkunci, menarik bukan?

Cara ini sebenarnya mirip dengan pengalaman penggunaan perangkat wearable (smart watch) yang menampilkan semua notifikasi dari smartphone ke layar perangkat smartwatch.

Tetapi untuk apa yang ada pada sistem Windows 10 versi ini, pihak Microsoft telah memanfaatkan fitur dari aplikasi asisten digital Cortana buatannya. Dimana aplikasi Cortana ini akan membuat sebuah pusat notifikasi yang bisa disinkronisasi dengan perangkat smartphone yang terhubung dengannya.

Untuk perangkat smartphone yang berjalan dengan platform Windows Phone, fitur Cortana ini telah terintegrasi secara default, sedangkan bagi pengguna perangkat Android, mereka harus menginstal aplikasi Cortana ini terlebih dahulu untuk bisa memanfaatkan fitur ini, agar bisa disinkronkan dengan PC Windows 10 mereka.

Sayangnya tidak disebutkan tanggalnya secara pasti, mengenai kapan pembaharuan 'anniversary update' untuk Windows 10 itu akan mulai digulirkan, karena pihak Microsoft hanya menyebutkan bahwa update ini akan mulai dirilis pada musim panas (waktu AS) tahun ini.

Selain penambahan fitur diatas, update teranyar itu juga akan menghadirkan sejumlah perbaikan dan kemampuan baru, beberapa diantaranya adalah penggunaan digital pen input yang lebih baik, dukungan penggunaan fitur keamanan biometrik pada Windows Hello saat dipadukan dengan perambah Microsoft Edge ketika digunakan untuk login ke situs atau layanan tertentu. Dan yang tak kalah menarik yaitu, Microsoft telah mendukung Bash shell untuk bisa dijalankan di Windows 10.

Sementara untuk saat ini, fitur notifikasi ini hanya akan hadir untuk pengguna perangkat Android dan belum ada kabar apakah pengguna Cortana pada platform iOS juga akan bisa mendapatkan fitur serupa atau tidak.

Sumber: Liliputing.com 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter