Categories

Interview

Urbanindo Berencana Ekspansi ke Negara Tetangga (UPDATED)

Belum tentu direalisasi tahun ini, tengah mencari pendanaan baru untuk rencana ekspansi

Yenny Yusra - 25 January 2017

Setelah meluncurkan fitur UrbanIndo Finance dan UrbanIndo Commercial beberapa waktu yang lalu, Portal online jual beli properti UrbanIndo saat ini mulai melancarkan kegiatan penggalangan dana dengan mengundang investor lokal hingga asing berinvestasi di UrbanIndo. Jika diperoleh, UrbanIndo akan memasuki tahap pendanaan Seri C.

UrbanIndo sendiri sempat dikabarkan dilirik oleh sebuah layanan marketplace properti global. Menanggapi kabar tersebut, CEO dan Founder UrbanIndo Arip Tirta menyanggahnya.

“Sejak akhir Desember 2016 lalu UrbanIndo sudah mulai melancarkan kegiatan penggalangan dana, namun saat ini masih proses pengenalan dan pertemuan namun belum final,” kata Arip.

UrbanIndo sendiri saat ini mengklaim telah mengalami peningkatan dari sisi active listing, diprediksi bulan Febuari 2017 mendatang jumlah active listing di UrbanIndo bakal menyentuh angka 1 juta active listing. Prestasi yang dicapai oleh UrbanIndo sebagai startup lokal yang ingin membuktikan bahwa model bisnis yang dimiliki ternyata mampu diterima dengan baik oleh masyarakat dan sustainable.

“Sulitnya untuk mendapatkan informasi terkini tentang properti di Indonesia membuat UrbanIndo mampu menjalankan bisnisnya dan diterima oleh pengguna, model bisnis itulah yang nantinya bisa direplika di emerging market seperti Thailand dan Filipina,” kata Arip.

Ekspansi ke regional

Meskipun masih tahap pengenalan dari berbagai investor yang ada, Arip mengungkapkan jika pendanaan nantinya final dan telah didapatkan akan dimanfaatkan untuk ekspansi ke negara Asia Tenggara seperti Filipina dan Thailand. Sementara untuk negara maju seperti Singapura, menurut Arip akan sulit diimplementasikan.

“Pemerintah Singapura selama ini cukup generous memberikan informasi tentang harga properti dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh warga. Dengan demikian akan sulit UrbanIndo melancarkan bisnis di negara tersebut,” kata Arip.

Untuk rencana eskpansi sendiri Arip enggan untuk menyebutkan kapan ekspansi akan dilakukan, namun fokus dari UrbanIndo saat ini adalah terus melakukan uji coba dan pembuktian kepada publik, bahwa layanan yang diberikan oleh UrbanIndo terbukti bisa menguntungkan dan bertahan.

“Fokus kita tahun ini adalah melakukan monetisasi sambil terus melancarkan kegiatan penggalangan dana dengan menargetkan strategic investor, agar lebih mudah melancarkan rencana ekspansi,” tutup Arip.

Update: Dilakukan koreksi terhadap judul

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter