1. Startup

Urbanindo.com Siap Dirilis ke Publik

Akan segera hadir situs yang memberikan layanan di segmen properti, UrbanIndo.com. Situs ini sendiri telah live, namun untuk akses ke berbagai fasilitasnya, baru akan dibuka besok, Rabu 16 November 2011.

Saya sendiri kebetulan bertemu langsung dengan Arip Tirta, Director dari UrbanIndo yang kemudian menjelaskan tentang rencana rilis versi beta dan beberapa fitur yang menjadi unggulan UrbanIndo lewat email.

Arip mengatakan bahwa fitur yang disediakan oleh UrbanIndo yang pertama adalah desain yang simple, Anda bisa melihat dari beberapa screenshot di artikel ini, memang gaya simple dari tampilan desain yang bisa terlihat membedakan dari layanan sejenis.

Selain itu setiap pengguna akan memiliki vanity url misalnya www.urbanindo.com/nama yang dikatakan Arip dimaksudkan untuk memudahkan agen properti untuk membuat profile mereka. Kemudian fasiltas lain adalah integrasi dengan Google tools termasuk Google Map dan what's near by (fitur terakhir masih dalam tahap pengembangan dan belum akan dirilis tanggal 16 November nanti). Fasilitas lainnya adalah fasilitas 'favorit' untuk menyimpan properti atau agen properti yang ingin dilihat lagi nanti.

Saya mencoba menjelajah situs setelah mendaftarkan diri, hal pertama yang dicoba tentu saja kolom pencarian, hasil pencarian cukup cepat meski tentunya karena masih versi beta jadi data properti masih sedikit, jadi untuk keakurasian hasil masih belum bisa dilihat secara maksimal. Anda bisa memilh mencari pencarian berdasarkan lokasi, tipe properti serta jumlah kamar tidur dan kamar mandi. Pilihan tipe properti yang ada antara lain Rumah, Apartement, Ruko, Villa, Komersial atau Tanah. Anda juga bisa melihat daftar properti dari menu di bagian atas untuk melihat properti yang dijual atau disewakan, dari menu ini Anda juga bisa memilih fasilitas urutan berdasarkan properti terbaru atau harga. UrbanIndo tersedia dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

Seperti layaknya situs properti lain selain deskripsi tentang luas bangunan dan tanah, juga terdapat beberapa keterangan lain sepertu jumlah kamar tidur, garasi dll. Selain itu disediakan juga tampilan beberapa foto yang bisa ditambahkan di daftar listing. UrbanIndo juga sepertinya lebih menyasar para agen properti yang ingin mengiklankan properti yang dijual atau disewakan daripada pengguna umum yang ingin menjual atau menyewakan properti mereka, meski tentunya tidak tertutup untuk agen saja tetapi pengguna umum juga bisa.

Saya tidak melihat keterangan biaya listing, jadi sepertinya gratis dan siapa saja bisa untuk menaruh properti hendak dijual atau disewa di UrbanIndo.

Tampilannya situs ini memang bersih dan cukup nyaman untuk dilihat. namun untuk situs segmen seperti ini tentu daftar atau data properti adalah yang utama, tampilan situs bisa menjadi tambahan nilai jika data properti yang disediakan banyak dan mencakup berbagai wilayah, serta tentunya fasilitas pencarian yang baik dan memudahkan untuk mencari properti di wilayah tertentu, intinya bisa memberikan informasi yang tepat bagi pengguna dengan proses yang mudah.

Saya sendiri justu membayangkan beberapa fasilitas lain yang tidak melulu listing saja, karena tentunya persaingan di segmen ini cukup berat mengingat beberapa layanan sejenis telah lebih dahulu ada dan memiliki data properti yang sudah cukup banyak, belum lagi beberapa situs lokal di segmen properti telah diakuisi oleh jaringan properti online yang memilki beberapa cakupan wilayah di luar negeri.

Jadi beberapa fitur yang tidak hanya listing sepertinya bisa menjadi salah satu daya tarik untuk dikembangkan, misalnya saja fasilitas untuk melakukan proses tawar menawar harga atas harga properti atau konsultasi properti langsung situsnya. Mungkin juga ada fasilitas video untuk tour rumah atau semacam acara televisi yang berhubungan dengan properti, bahkan jika memungkinkan integrasi dengan program dengan bank misalnya program cicilan, jadi situs properti online bisa menjembatani antara berbagai proses untuk menyewa atau membeli properti, semua bisa dilakukan langsung di satu tempat, situs properti online.

Pasar atau segmen properti tentu sungguh menarik, terutama di Indonesia yang terus tumbuh, di kota Bandung sendiri saya juga mengamati, dalam satu tahun ini semakin banyak pengembang yang menawarkan properti baru, apartemen, perumahan, serta town house dengan berbagai konsep. Jadi sepertinya masih ada ruang yang ingin diambil sebagai sebuah kesempatan oleh UrbanIndo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again