1. DScovery

User Experience (UX): Pengertian, Fungsi dan Pentingnya Penerapan dalam Bisnis

User experience adalah hal terpenting yang berkaitan dengan pengalaman pengguna dalam menggunakan produk digital.

Pernahkah kamu mendengar istilah user experience? Umumnya, user experience digunakan dalam berbagai produk digital, seperti website, aplikasi, software komputer, dan lain sebagainya.

User experience tergolong sebagai salah satu aspek penting yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna saat mereka menggunakan produk tersebut. Maka dari itu, pembuatan sebuah produk digital harus memperhatikan dan memberikan user experience yang baik bagi penggunanya.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan user experience dan kenapa hal tersebut penting untuk diperhatikan? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian User Experience

Secara umum, user experience (UX) adalah pengalaman pengguna saat berinteraksi atau menggunakan sebuah produk digital. Dikutip dari situs Usability, user experience fokus pada pemahaman yang mendalam terhadap pengguna, meliputi hal-hal yang dibutuhkan dan dihargai pengguna, serta kemampuan dan batasannya.

Tujuan user experience adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna saat menggunakan produk digital. User experience yang baik akan memudahkan pengguna untuk mencapai tujuan mereka. Maka dari itu, user experience dianggap sebagai aspek penting dalam pengembangan produk digital, karena sangat berkaitan dengan tingkat kepuasan dan loyalitas penggunanya.

Untuk itu, penerapan user experience harus memerhatikan value yang ada pada suatu produk. Mengutip dari Semantic Studios, ada tujuh value dari user experience yang bisa ditawarkan kepada pengguna menurut Peter Morville. Ketujuh value tersebut meliputi:

  • Useful, yakni produk yang kamu hasilkan harus original dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna.
  • Usable, yakni kamu harus bisa memberikan kemudahan bagi pengguna saat menggunakan produkmu.
  • Desireable, yakni perhatikan hal-hal seperti identitas, brand, imej yang ingin ditampilkan dan elemen desain lainnya untuk membangkitkan emosi dan apresiasi dari pengguna.
  • Findable, yakni produkmu harus mudah ditemukan baik secara onsite maupun offsite.
  • Accessible, yakni produkmu harus dapat diakses oleh semua kalangan secara inklusif.
  • Credible, yakni kamu harus dapat meyakinkan pengguna untuk mempercayai dan menggunakan produkmu.

Fungsi User Experience

Pada dasarnya, user experience yang baik berfungsi untuk memudahkan pengguna saat menggunakan produk yang kamu tawarkan. Semakin banyak penilaian positif pada user experience yang kamu tawarkan, maka semakin banyak juga pengguna yang tertarik untuk menggunakan produkmu.

Berikut adalah beberapa fungsi lain user experience yang perlu kamu ketahui.

Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate adalah presentase pengunjung website, yang meliputi tindakan apa saja yang mereka lakukan dan apakah tindakan tersebut menghasilkan transaksi penjualan atau tidak. User experience yang baik akan berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pengguna, di mana hal ini akan memberikan potensi lebih untuk melakukan transaksi dalam pembelian produk yang kamu tawarkan.

Meningkatkan Value Produk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, user experience memiliki beberapa value yang ditawarkan kepada pengguna. Berbagai value tersebut tentu berdampak positif bagi produk yang kamu tawarkan.

Meningkatkan Loyalitas Pengguna

Ketika pengguna sudah merasakan value dari produk yang kamu tawarkan tanpa ada masalah, kemungkinan besar mereka akan terus menggunakan produkmu, meski banyak kompetitor yang serupa denganmu. Hal tersebut dikarenakan pengguna telah mempercayai produk yang kamu tawarkan

Efisiensi Sumber Daya

User experience juga berfungsi sebagai efisiensi sumber daya karena hemat waktu dan biaya. Sebab, user experience yang dikembangkan dengan baik sejak awal akan meminimalisir risiko pengerjaan ulang.

Pentingnya Penerapan User Experience dalam Bisnis

User experience sangat penting untuk diperhatikan karena memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat bagi bisnis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pentingnya penerapan user experience dalam bisnis.

Loyalitas User

Salah satu hal yang menjadi alasan penting penerapan user experience adalah mengenai loyalitas user. User experience yang baik berdampak positif bagi kepuasan pengguna, sehingga mereka menjadi loyal dan percaya terhadap produk yang kamu tawarkan.

Kepuasan Pengguna

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, user experience sangat berkaitan dengan kepuasan pengguna. Pengguna yang merasa puas tentu akan bertahan dalam menggunakan produkmu, bahkan mereka dengan mudah akan merekomendasikannya kepada orang lain.

Produktivitas dan Efisiensi

User experience yang baik sangat berkaitan dengan produktivitas dan efisiensi. Bagi pengguna, kedua hal ini sangat penting dipertimbangkan dalam memutuskan penggunaan sebuah produk, apalagi jika produk yang kamu tawarkan berkaitan dengan layanan transaksi online, seperti perbankan atau e-commerce.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai user experience yang telah Daily Social rangkumkan untukmu. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa user experience memiliki fungsi yang sangat penting untuk diperhatikan dalam bisnis, terutama bisnis digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again