1. Startup

FormSpring : User Generated dan Anonimitas

Internet memang sebuah dunia yang sangat besar dengan penduduk yang juga sangat besar. Hampir tidak mungkin mengatur semua orang agar berjalan secara sempurna seperti rencana. Di era web 2.0 ini trend yang terlihat adalah User Generated Content dimana pengguna bisa berpartisipasi secara langsung dengan mengkontribusikan konten untuk sebuah layanan. Sebuah trend lain yang juga muncul adalah anonimitas. Hampir semua layanan di internet saat ini masih belum mengijinkan anonimitas layanan seperti FormSpring.me sepertinya mulai mendapatkan popularitas dengan membawa fitur ini.

FormSpring.me ini merupakan salah satu startup yang bersinar beberapa bulan belakangan, apalagi sejak ramai-ramainya pengguna Twitter asal Indonesia menggunakan layanan ini untuk blog mereka. FormSpring.me ini pada dasarnya adalah layanan yang memfasilitasi komunikasi antara anda dengan orang lain, dimana orang lain dapat mengirimkan pertanyaannya kepada anda untuk dijawab. Uniknya, orang yang bertanya ini diberikan pilihan untuk tetap menyembunyikan identitasnya, anonim.

Banyak pihak yang sejak awal terdengar skeptis dengan layanan ini, tidak jauh berbeda dengan konsep komentar di blog, katanya. Namun sepertinya suara - suara negatif tersebut sukses dibungkam dengan makin populernya layanan FormSpring.me ini. Terbukti dengan dikucurkannya dana USD$ 2.2 juta, investasi dari angel investor untuk FormSpring.me. Angel investornya pun bisa dibilang pemain besar yang sudah lama berkecimpung di dunia internet startup macam Chris Sacca, Kevin Rose, David Morin, etc.

Kalau dipikir-pikir, User Generated dan Anonimitas ini merupakan 2 fitur yang sejak jaman internet boom sudah ditakuti oleh banyak pihak, bahkan diklaim mampu membahayakan konsep internet itu sendiri. Namun seiring jaman, justru pengguna internet sendiri-lah yang ternyata membentuk behavior ini. Dan tentunya, keinginan pengguna tidak dapat dilawan.

FormSpring.me menurut saya sukses membawa kedua fitur ini menjadi sebuah layanan yang dibungkus dengan rapi, unik dan juga amat personal. FormSpring mampu melihat kebutuhan pengguna internet yang makin lama makin narsis, dan menciptakan layanan untuk memuaskan ego pengguna.

Honestly, i think FormSpring.me is not about the communication between you and friends/fans. It's about you telling the world about your connection with fans/friends. Difference : (again) it's all about you.

Kunci dari FormSpring ini adalah ego, kunci dari Facebook dan situs jejaring sosial lain-pun kurang lebih sama. Kurang lebih. It's all about you, inilah yang merupakan faktor pembeda antara web konvensional dengan web 2.0.

Lalu bagaimana penerapannya di Indonesia? Oke, Facebook memang sangat populer. Namun salah satu startup yang mengusung tema user generated dan anonim, Ngaku.in, justru makin menurun popularitasnya.

Ayo, apa lagi sih layanan lokal yang mendukung User Generated Content dan Anonimitas? Apakah pengguna internet Indonesia belum bisa menerima kedua fitur ini dalam satu layanan yang sama? Atau justru ini bakalan jadi sebuah trend yang akan datang di Indonesia?

ps : Kaskus pasti nggak masuk ya, karena officially tidak mendukung Anonimitas ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again