Categories

Game

User Reddit Berhasil Benamkan Game Pokemon Dalam Minecraft

Yoga Wisesa - 7 October 2015

Sudah enam tahun lebih sejak Markus Persson melepas versi alpha Minecraft ke publik. Ia telah bertransformasi dari judul indie menjadi fenomena gaming global. Kini tersedia banyak sekali konten buatan gamer seperti update grafis, map hingga beragam mod. Dan belum lama seorang user Reddit dilaporkan berhasil mengerjakan satu proyek modifikasi ambisius.

Keberadaan mini game dalam permainan bukanlah hal baru. Ada tenis dan golf dalam GTA V, puzzle ala Pipe Dream di BioShock, atau bahkan Pong dalam Test Drive Overdrive. Namun upaya Redditor bernama Magib1 sanggup menyatukan dua fanbase berbeda dalam satu game. Berkat usahanya, gamer Minecraft dapat menikmati Pokemon Red yang dirilis global kira-kira 17 tahun silam di Nintendo Game Boy.

Pokemon Red disajikan melalui command block dalam mode sandbox. Magib1 menekankan bahwa kreasinya itu bukanlah adaptasi atau penciptaan ulang, melainkan port sesungguhnya. Prosesnya sangat kompleks: tekstur latar belakang memanfaatkan map custom, dan dalam spawn chunk (area tempat karakter muncul) terdapat representasi dunia Pokemon Red sesungguhnya, dan tiap balok tersambung ke tekstur peta terpisah. Karakter pemain hanya berganti animasi dari berjalan dan berdiri.

Kontrol disajikan lewat slot inventori, dan Anda bisa mengkustomisasinya kembali. Meski tombol-tombol di sana bekerja, Magib1 menjelaskan bahwa mereka hanyalah aksesori tambahan dan sama sekali tidak praktis. Untuk prosedur berikutnya, sang programmer ingin menyempurnakan kapabilitas deteksi tabrakan - memastikan objek penghalang lain tidak dapat seenaknya ditembus karakter.

Info menarik: Mengenang Perjalanan Maestro Gaming Satoru Iwata Bersama Nintendo

Berbasis dari kemampuan tersebut, barulah Magib1 bisa membubuhkan informasi sebagai dasar pembuatan pintu, papan penanda, tembok dan lain-lain. Ia juga harus memikirkan cara supaya proses input berjalan efisien, dan tidak ada keterlambatan/lag ketika game beroperasi. Dan bukan Pokemon namanya tanpa Pokedex (berisi katalog dan informasi mengenai bermacam-macam spesies Pokemon), Magib1 sedang sibuk menggarapnya.

"[Pokemon Red di Minecraft] ialah pekerjaan besar. Saya berharap bisa menyelesaikan mekanisme inti dalam tiga atau empat bulan ke depan. Saya ingin mengoptimalkan [komponen] item serta handler," kata Magib1. "Sebagai referensi saja, [Pokemon Red] menyimpan kurang lebih 700 tekstur untuk dunia, Pokedex dan sejumlah menu."

Magib1 masih belum berani memberikan info mengenai kapan tepatnya Pokemon Red buat Minecraft tersebut selesai, namun ia memang berniat untuk merilisnya saat proyek rampung. Semoga saja pihak Nintendo tidak keberatan.

Via Kotaku. Sumber: Reddit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter