Categories

Gadget

Usung Kamera Istimewa, OPPO Reno5 Siap Membantu Memicu Lahirnya Generasi Kreator Konten Baru

Lebih matang untuk fotografi, makin superior soal videografi

Glenn Kaonang - 9 January 2021

Dari generasi ke generasi, seri OPPO Reno selalu menghadirkan terobosan demi terobosan di bidang fotografi dan videografi. Semuanya tentu bermula dari Reno 10x Zoom dengan teknologi kamera periskopnya, dan dari situ sistem kamera di seri Reno terus berevolusi hingga melibatkan banyak fitur berbasis artificial intelligence (AI).

Seri Reno5 tentu tidak luput dari tren tersebut. Selain membawa peningkatan dari segi spesifikasi, Reno5 turut mengusung sistem kamera yang lebih mumpuni ketimbang generasi sebelumnya.

Secara teknis, modul kamera belakangnya dihuni oleh empat kamera yang berbeda: kamera utama 64 megapixel f/1.7, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, kamera macro 2 megapixel, dan kamera monokrom 2 megapixel. Di depan, ada kamera selfie 44 megapixel yang mengisi lubang kecil di ujung kiri atas layarnya.

Dibantu oleh image signal processor (ISP) canggih milik chipset Snapdragon 720G – 765G pada Reno5 5G – kamera Reno5 sanggup menghasilkan foto-foto yang menawan, baik di kondisi cahaya yang terang maupun redup. Tone warna yang dihasilkan tergolong netral dan tidak kelewat vibrant, dan distorsi yang menjadi penyakit umum kamera ultra-wide hampir tidak kentara pada Reno5.

Supaya lebih jelas, biar hasil jepretannya sendiri yang berbicara.

Demi memfasilitasi jiwa kreatif para konsumen seri Reno, OPPO tentu tidak lupa menyematkan sejumlah fitur fotografi berbasis AI pada Reno5. Fitur-fitur seperti AI Color Portrait, Night Flare Portrait, Ultra-Clear 108MP Image, Ultra-Dark Mode maupun Ultra-Night Selfie Mode kembali hadir pada Reno5 setelah sebelumnya menjadi salah satu daya tarik utama Reno4.

Di saat yang sama, OPPO turut menambahkan fitur bernama Image-Clear Engine (ICE) pada Reno5 yang bekerja dalam dua skenario. Yang pertama adalah untuk memastikan hasil bidikan tetap jernih ketika sedang memotret subjek bergerak, seperti misalnya anak-anak yang tengah bermain. Kedua, ICE juga akan membantu menghasilkan gambar yang tajam ketika pengguna melakukan pengambilan gambar secara cepat dan spontan.

Fokus ekstra di bidang videografi

OPPO Reno5

Itu tadi baru soal fotografi, dan OPPO rupanya telah memberikan perhatian ekstra pada kemampuan videografi Reno5. Lagi-lagi hal itu mereka wujudkan dengan melibatkan kecanggihan AI.

Secara keseluruhan, Reno5 mengemas tiga fitur videografi baru yang sebelumnya tidak tersedia pada pendahulunya. Fitur yang pertama adalah AI Highlight Video, yang tersedia buat kamera belakang maupun kamera depan. Fitur ini pada dasarnya bekerja dalam dua cara yang berbeda:

  • Ketika merekam video dalam kondisi pencahayaan yang redup, Reno5 bakal mengaktifkan algoritma Ultra Night Video guna memastikan hasil rekamannya tetap terlihat cerah, tajam sekaligus alami. Berdasarkan pengujian internal OPPO, hasil rekaman video malam hari di Reno5 bisa tampak sekitar 74,4% lebih cerah dan 33,7% lebih jelas berkat penerapan algoritma ini.
  • Ketika merekam video dengan cahaya latar belakang yang kuat, giliran algoritma HDR Live yang diaktifkan secara otomatis, dengan tujuan supaya subjek dan latar belakang bisa terlihat sama jelasnya sekaligus tetap kelihatan alami.

Yang cukup istimewa, rangkaian kalkulasi yang diterapkan oleh fitur AI Highlight Video ini rupanya hanya membutuhkan waktu pemrosesan sekitar 20 milidetik, dan konsumsi dayanya pun juga terbilang irit. Optimalisasi semacam ini mungkin terdengar sudah biasa di bidang fotografi, namun OPPO tampaknya ingin membuat gebrakan dengan menghadirkannya di bidang videografi.

Fitur yang kedua adalah AI Mixed Portrait, yang berfungsi untuk menggabungkan video portrait dan video latar belakang dalam satu bingkai yang sama. Hasil akhirnya adalah sebuah video dengan efek double exposure yang artistik, yang selama ini hanya bisa dihasilkan dengan melakukan penyuntingan secara intensif.

Terakhir, ada fitur Dual-View Video yang memungkinkan perekaman video menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan, lengkap beserta beberapa opsi framing yang kreatif. Lalu saat perlu menyunting video lebih lanjut, pengguna bisa langsung berpindah ke aplikasi Soloop lewat shortcut baru di aplikasi kamera, dan di sana pengguna dapat langsung menciptakan film pendek yang menarik menggunakan fitur auto generate, atau memanfaatkan beragam template video yang tersedia.

Semua itu tanpa melupakan fitur-fitur videografi yang sudah ada pada Reno generasi sebelumnya, macam AI Monochrome Video maupun Ultra Steady Video 3.0. Dipadukan semuanya, Reno5 bakal membantu memicu lahirnya generasi kreator konten baru.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter