1. DScovery

Utilitas Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Istilah "utilitas" berasal dari konsep pemanfaatan. Lalu apa itu utilitas? Utilitas biasanya didefinisikan sebagai seberapa berguna atau bermanfaat suatu barang bagi orang yang menggunakannya.

Utilitas adalah istilah dalam bidang ekonomi yang erat kaitannya dengan kepuasan konsumen. Secara garis besar, utilitas berarti manfaat, fungsi, atau kegunaan suatu produk bagi penggunanya.

Oleh karena itu, utilitas berkorelasi positif dengan kepuasan pengguna. Namun, manfaat produk bervariasi. Bingung, bukan? Lihat penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Pengertian Utilitas

Sebelum melanjutkan, kamu mungkin pernah ke suatu restoran dan memesan makanan yang kamu sukai. Apa yang kamu rasakan saat ini? Pasti senang, kan? 

Beberapa hari kemudian, kamu kembali ke restoran yang sama dan memesan makanan yang sama. Apakah pengalaman kamu serupa? Mungkin tidak. Ini adalah apa yang disebut utilitas.

Utilitas adalah rasa puas atau kepuasan pelanggan setelah mengkonsumsi barang atau jasa. Semakin tinggi keinginan pelanggan untuk memiliki barang tersebut, semakin banyak utilitas yang diperoleh dariya. Utilitas ini lebih bersifat naluriah, dengan pelanggan yang berbeda dapat memperoleh tingkat utilitas yang berbeda dari barang yang sama.

Fungsi Utilitas

Sederhananya, fungsi utilitas adalah untuk mengukur seberapa besar manfaat atau kepuasan yang dialami oleh pelanggan ketika mereka menggunakan suatu barang atau jasa. Dari pengukuran ini, pelanggan dapat memberikan penilaian terhadap produk dan berbagai pengalaman mereka dengannya.

Oleh karena itu, nilai utilitas yang tinggi menunjukkan bahwa nilai kepuasan konsumen akan suatu produk tinggi. Dengan demikian, nilai yang dimiliki oleh perusahaan juga meningkat, dan sebaliknya.

Jenis-jenis Utilitas

Pada dasarnya, utilitas terbagi menjadi tiga jenis, termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Utilitas Total

Merupakan jumlah total kepuasan konsumen terhadap produk. Semakin banyak orang yang mengkonsumsinya, semakin besar totalnya.

Total Utilitas (UT) = U1 + U2 + U3 +... + Un.

  1. Utilitas Marjinal

merupakan kepuasan tambahan yang diperoleh dari setiap unit konsumsi yang lebih besar. Namun, utilitas ini akan berkurang seiring dengan setiap peningkatan unit konsumsi produk.

Utilitas Marjinal (UM) adalah perubahan UT dibagi dengan perubahan jumlah total, atau UT/Q.

  1. Utilitas Rata-rata

Merupakan konsumen yang diperoleh dengan membagi jumlah unit total dengan total unit konsumsi. Misal, jika ada n unit total, maka:

Utilitas rata-rata (UR) adalah sama dengan UT/jumlah unit atau UT/n.

Selain itu, dalam bidang ekonomi, ada jenis utilitas seperti:

  • Bentuk yaitu mengacu pada produk perusahaan tertentu.
  • Tempat mengacu pada kenyamanan dan kesiapan layanan yang tersedia bagi pelanggan di suatu tempat.
  • Waktu mengacu pada kemudahan ketersediaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada saat yang dibutuhkan.
  • Manfaat yang akan diperoleh konsumen sebagai pemilik produk disebut sebagai kepemilikan.

Contoh Utilitas

Contoh utilitas berikut akan membantu kamu memahami konsep teori utilitas dalam bidang ekonomi.

Sebagai contoh, katakanlah kamu berencana untuk membeli motor dan kamu mempertimbangkan dua pilihan. Kedua motor tersebut memiliki desain dan fitur yang hampir sama, tetapi motor pertama memiliki fitur keselamatan yang lebih baik. Akibatnya, harga motor pertama akan turun 10 juta rupiah.

Meskipun harganya berbeda hanya Rp10 juta, Anda telah menerima manfaat dari membeli motor kedua. Pelanggan percaya bahwa memilih motor kedua akan mengurangi risiko kecelakaan.

Ini adalah penjelasan tentang definisi utilitas dan hubungannya dengan teori ekonomi. Utilitas, pada dasarnya, adalah manfaat, kegunaan, atau kepuasan yang dirasakan oleh pengguna tentang suatu produk atau layanan. Semoga informasi ini berguna bagi kamu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again