1. Lifestyle

Valve Meluncurkan Steam Reviews: Karena Opini Begitu Berharga

Kita semua mengerti, opini berdasarkan fakta adalah hal yang sangat berharga. Ia adalah adalah alasan mengapa kita membaca ulasan dari situs-situs terpecaya, dan ia juga yang memotivasi kita menyimak user review dan mengunjungi forum. Hal itu juga menjadi alasan mengapa pengembang Metacritic melengkapi situs ini dengan bagian user review - walaupun sering disalahgunakan.

Dan tampaknya alasan yang sama telah mendorong Valve untuk meluncurkan Steam Reviews. Dengan fungsi ini, Anda tidak perlu lagi mengobrak-abrik bagian komentar suatu ulasan profesional untuk mencari tahu pengalaman pengguna. Kita tahu, developer app (dan game) mendukung para reviewer dan konsumen dengan cara yang berbeda. Mereka biasanya mendukung penuh reviewer dengan segala workaround dan patch, tetapi tidak jarang melupakan pengguna umum. Itulah sebabnya di Metacritic, kita sering melihat review user dan profesional yang sangat bertolak belakang.

Valve ingin menyingkirkan kebingungan seperti ini. Dengan Steam Reviews, Anda bisa mengetahui apa opini pengguna Steam lain tentang sebuah game ataupun aplikasi. Mungkin hal ini terdengar biasa, namun ia berjalan secara khusus di bawah ekosistem Valve, sehingga jika terdapat masalah teknis maka solusi akan cepat ditemukan. Kita tahu hal yang paling membingungkan dalam perihal kompatibilitas adalah saat game/app dirilis via media berbeda: contohnya game yang diluncurkan secara digital dan juga kopi fisik, biasanya platform distribusi digital memiliki persentase error yang lebih tinggi.

Jadi apa yang bisa Anda dapatkan dari Steam Reviews? Yang pertama tentu saja Anda bisa mendapatkan ulasan-ulasan yang sangat membantu menentukan apakah software tersebut layak dimiliki atau tidak. Review-review ini muncul di tiap laman store. Kemudian tentu saja pengguna bisa menilai langsung apakah ulasan tersebut berguna atau hanya berisi kritisi kosong.

Dari hal di atas, kita bisa menyaring serta menemukan pengulas dan reviewer yang terpercaya. Pengguna akhirnya bisa menciptakan dan memperkokoh reputasi mereka sendiri. Bahkan Anda mungkin bisa memulai karier sebagai reviewer 'semi-profesional' dari platform Steam Reviews  dengan menulis ulasan Anda. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi laman Steam store dan mulai menuliskan opini tentang game atau software yang sudah pernah Anda gunakan.

Fitur paling unik dari Steam Review adalah Anda bisa memilih bahasa yang diinginkan. Walaupun bahasa Inggris akan tetap menjadi bahasa terpopuler di sana, Anda kini tidak perlu malu-malu lagi menuliskan ulasan dalam 'bahasa ibu'. Kemudian yang terpenting: tim developer bisa memberikan respon langsung pada ulasan Anda - mereka memiliki label yang berbeda dari user biasa. Sangat canggih bukan?

Saat ini Steam Reviews masih berada dalam tahap beta. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut via laman resminya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again