1. Lifestyle

Valve Time: Pengajuan Trademark Half-Life 3 Palsu

Berita buruk bagi Anda yang benar-benar berharap Valve akan segera menggarap Half-Life 3. Berkat info seorang pengguna NeoGAF yang menyatakan bahwa Valve mengajukan trademark Half-Life 3, kita berpikir akan segera melihat bab penutup kisah petualangan Gordon Freeman. Sayangnya berdasarkan laporan terbaru para analis di Valve Time, ternyata pengajuan trademark tersebut palsu.

Saya akan meceritakan sedikit kronologis bagaimana akhirnya mereka tahu pengajuan tersebut palsu. Pada tanggal 29 September 2013, Valve 'tampak' meregistrasi nama Half-Life 3 untuk wilayah Eropa. Namun anehnya, mereka tidak melakukannya di wilayah Amerika Serikat. Bukankah perusahaan Valve sendiri berasal dari Amerika?

Tentu saja tidak sedikit perusahaan yang 'mem-booking' nama-nama trademark dan laman-laman situs yang berhubungan dengan game mereka saat ini, siapa tahu dalam waktu ke depan mereka memutuskan untuk membuat sekuel ataupun spin-off-nya. Bahkan Valve sendiri telah 'membeli' nama Dota 3 via kantor US Patents and Trademark serta mengumumkan kepemilikian www.half-life3.com. Perlu diingat, kepemilikan ini hampir ada hubungannya dengan pengembangan game sebenarnya. Mereka hanya mengamankannya karena berbagai sebab (contoh: Microsoft sendiri telah menurunkan tim pengacara untuk memiliki www.xbone.com - memastikan tidak ada yang menggunakan laman ini untuk mencemooh mereka).

Kemudian pada tanggal 2 Oktober 2013, masuklah pengajuan trademark baru dalam laman Kantor Registrasi Desain dan Trademark yang menyebutkan nama 'Portal 3' dengan nomor registrasi 012190286. Namun Valve Time memiliki sumber terpercaya yang bisa memastikan bahwa saat ini Valve sama sekali tidak memiliki tim yang menggarap Portal 3. Berdasarkan deduksi sederhana, mereka berpendapat bahwa kemungkinan besar pengajuan Half-Life 3 sebelumnya juga bohong.

Pada akhirnya Valve Time berani mengkonfirmasi bahwa trademark Half-Life 3 palsu karena Trademarks and Design Registration Office of the European Union menghapusnya dari website mereka. Valve Time berpendapat dari awalnya mereka cukup ragu dengan informasi ini karena sama sekali tidak dicek secara resmi ataupun dikonfirmasi oleh Valve.

Tampaknya mitos bahwa Valve tidak akan pernah menggunakan angka '3' pada judul game mereka semakin terbukti...

Terimakasih pada PC Gamer yang telah menyadarkan kita semua dalam angan-angan yang terlalu indah ini. :) Sumber gambar: TheGameEffect.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again