4 April 2016

by Glenn Kaonang

VanMoof Electrified S Adalah Sepeda Elektrik dalam Wujud Sepeda Biasa yang Elegan

Turut dilengkapi fungsi-fungsi pintar berbasis smartphone dan internet

Sepeda elektrik bukanlah barang baru. Akan tetapi hingga kini eksekusinya bisa dibilang belum begitu sempurna, terutama dari segi desain, dimana sepeda elektrik belum bisa menunjukkan nilai estetika seapik yang ditawarkan sepeda biasa.

Tidak demikian untuk VanMoof Electrified S. Produk buatan pabrikan asal Belanda ini sama sekali tidak terlihat seperti sepeda elektrik. Tanpa ada yang memberi tahu, kita semua pasti menyangkanya sebagai sepeda biasa. Padahal, di dalam rangkanya yang elegan tersebut telah tersimpan motor elektrik berdaya 250 watt.

Desain adalah nilai jual utama yang diusung Electrified S. Bobotnya ringan, hanya 18,5 kg. Semua komponennya dirancang sendiri oleh VanMoof bersama sejumlah mitra, seperti misalnya lampu depan dan belakangnya yang merupakan hasil kolaborasi bersama Philips. Hal ini menjadikan wujudnya unik dan orisinil, jauh lebih manis di mata ketimbang sepeda elektrik pada umumnya.

Sepeda ini tak memiliki tombol atau tuas untuk mengaktifkan motor elektriknya. Semuanya akan bekerja secara otomatis sesaat setelah pengguna mulai mengayuh pedal. Jadi gampangnya Anda tetap diminta untuk mengayuh pedal setiap saat di sini, akan tetapi motor elektriknya akan membantu memberikan dorongan tenaga.

Dalam satu kali charge, Electrified S bisa menempuh jarak sekitar 120 km, dan kecepatan maksimumnya mencapai angka 32 km/jam. Namun desain dan performa saja tampaknya belum cukup menggambarkan keunggulan Electrified S, ia rupanya juga dibekali fitur digital berbasis smartphone dan internet.

Pada permukaan atas rangkanya, tertanam sebuah display sentuh dimana pengguna bisa mengontrol berbagai fungsi, seperti mengatur kecepatan atau mengunci sepeda. Namun VanMoof tak lupa menghadirkan sebuah aplikasi pendamping untuk Android dan iOS yang menawarkan sejumlah fungsi tambahan.

Aplikasi smartphone ini sekaligus bertindak sebagai kunci digital. Lalu bagaimana jadinya ketika baterai milik Electrified S kehabisan daya? Jangan khawatir, VanMoof telah menanamkan baterai cadangan sehingga fungsi-fungsi pintarnya tetap dapat beroperasi dan Anda masih bisa membuka kuncinya menggunakan smartphone.

Electrified S turut dibekali fitur GPS terintegrasi yang akan sangat bermanfaat untuk melacak lokasi sepeda. Seandainya ia dicuri orang, pengguna tinggal membuka aplikasi pendampingnya di smartphone untuk melihat lokasinya yang akan terus ter-update menggunakan GPS.

Semua ini ditawarkan dalam harga yang tidak murah, yakni $2.998. VanMoof sendiri bakal membuka pre-order Electrified S dimana konsumen yang tertarik bisa memesan dengan harga $1.998 saja. Ia hadir dalam tiga pilihan warna: hitam, abu-abu dan putih.

Sumber: TheNextWeb.