1. Startup

Venuers Bidik Industri MICE di Tanah Borneo

Venuers saat ini melayani pemesanan tempat secara online di kota Pontianak

Pada Desember 2015, Henrianto Kim membangun layanan pemesanan venue Venuers. Dalam mengelola layanan ini, Akim, demikian ia akrab disapa, dibantu rekannya Tony Wu selaku co-founder. Venuers hadir untuk melayani pemesanan tempat untuk acara seperti pesta pernikahan, meeting perusahaan, ulang tahun, seminar, dan acara reuni sekolah di hotel, restoran, dan kafe di Pontianak secara online. Selain kemudahan reservasi, Venuers mengumpulkan database tempat pertemuan di beberapa kota di Indonesia dengan harapan membantu pemerintah mengembangkan industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) di Indonesia.

Tony dan Akim sengaja memilih ceruk pasar yang masih sepi pemainnya, khususnya di luar Jakarta, karena industri ini masih sepi pemain dan potensinya sangat besar. Di Jakarta sendiri pemainnya belum banyak, di antaranya adalah Xwork.

Berdasarkan pengalaman Akim selama 13 tahun bekerja sebagai karyawan di sebuah hotel di Pontianak, mulai dari bagian front office hingga saat ini di bagian akuntansi, ia tahu bahwa setelah pemesanan kamar, penghasilan terbesar kedua industri perhotelan adalah dari industri MICE untuk berbagai acara. Menurutnya selama ini hal tersebut belum digarap maksimal oleh pihak hotel, sehingga penghasilan hotel dari MICE hanya di bawah 30%. Padahal jika digarap lebih serius, Akim menyebut angkanya bisa mencapai di atass 50%.

Ketika ada larangan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Yuddy Chrisnandi bagi pemerintah untuk mengurangi pertemuan dan acara di hotel, industri perhotelan di Indonesia sempat terpuruk. Pihak hotel harus gencar berpromosi menawarkan ke swasta untuk mengadakan pertemuan dan acara kantor mereka.

Yang ditawarkan Venuers

Ada 4 fitur utama yang disediakan Venuers, yaitu informasi, promosi, reservasi, dan negosiasi. Sebagai contoh, sebuah hotel yang menjadi vendor Venuers dapat memberikan informasi mengenai layanan ruangan mereka seperti kafe atau meeting room dan sekaligus memberi harga promosi / diskon kepada konsumen. Pengunjung pun bisa langsung melakukan reservasi secara online melalui Venuers.

Jika konsumen ingin mengadakan acara di sebuah hotel atau kafe, mereka dapat menegosiasikan mengenai budget yang dimiliki dengan pihak hotel tersebut. Semua dilakukan secara online tanpa harus bertemu langsung.

Saat ini, semua fitur masih ditawarkan secara gratis. Ke depannya Venuers berharap melakukan monetisasi melalui iklan.

Kendala yang duhadapi di awal membangun Venuers, menurut Akim, adalah sulitnya melakukan edukasi pasar ke para vendor mengenai industri MICE, terutama event, khususnya di Kalbar. Untuk itu sambil mengembangkan sistem Venuers, Akim ingin membangun pasar MICE di Pontianak.

Ke depannya, mereka ingin bekerja sama dengan beberapa convention center dan rumah tradisional di seluruh indonesia. Venuers sendiri akan fokus ke 10 kota utama dan 3 kota potensial untuk MICE yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Medan, Batam, Bukittinggi, Jakarta, Bandung, Yogya, Surabaya, Makasar, Bali dan Manado. Sedangkan tiga kota potensial yakni Balikpapan, Palembang dan Lombok.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again