3 August 2018

by Lukman Azis

Venus Optic Luncurkan Lensa Makro Laowa 24mm f/14 di Kickstarter

Anda bisa benar-benar dekat dengan subjek, memberikan fotografer dan videografer perspektif baru.

Venus Optic dari Tiongkok, perusahaan yang memproduksi lensa dengan brand Laowa telah mengumumkan lensa makro dengan bentuk yang sangat unik. Tapi antara aneh atau revolusioner sih, yaitu lensa Laowa 24mm f/14 Macro Probe.

Aneh karena lensa ini sangat panjang sampai 40cm, pasti menarik perhatian orang. Bentuknya mirip sebuah pipet atau saya malah membayangkan senjata sniper lengkap dengan suppressor-nya.

Revolusioner karena dibanding lensa makro konvensional, lensa ini mampu menjangkau subjek yang sulit didekati. Anda juga bisa menghasilkan makro yang ekstrim sambil tetap menjaga jarak saat pengambilan. Sangat cocok untuk memotret satwa liar seperti serangga dan hewan lainnya.

Ujung lensanya hanya berukuran 2 cm, tahan air dan debu, serta dilengkapi LED flash. Jarak fokus terdekat Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe ialah 20mm dan memiliki kemampuan pembesaran dari 2:1 hingga infinity. Anda bisa benar-benar dekat dengan subjek, memberikan fotografer dan videografer perspektif baru.

Biasanya lensa makro punya focal length yang panjang (60-120 mm) dengan depth of field (DoF) sangat sempit, sehingga subjek memenuhi frame.  Tapi Loawa 24mm memberikan DoF yang lebih lebar, wide angle 84,1 derajat sehingga lebih banyak detail latar belakang yang terekam dalam foto.

Lensa ini dibuat untuk kamera dengan sensor full frame seperti Canon EF, Nikon F, dan Sony FE. Venus Optic juga akan menyediakan Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe dalam versi Cine Lens khusus untuk perekaman video untuk mount Arri PL melalui pesanan khusus.

Bila tertarik, lensa Laowa 24mm f/14 2x Macro Probe diluncurkan di Kickstarter dengan harga US$1.499 atau sekitar Rp21 jutaan. Bila menjadi pendukung, Anda bisa mendapatkan lebih murah sekitar US$1.300 dan akan dikirim mulai bulan Oktober 2018.

Sumber: DPreview