10 September 2014

by Yoga Wisesa

Versi Beta Opera Mini Sudah Tersedia Untuk Windows Phone

"Kami tahu kami menghabiskan waktu lama, tapi versi uji coba [Opera Mini] telah tersedia. Silakan unduh, dicoba dan berikan umpan balik," tulis Opera pada pengumuman dimulainya public beta Opera Mini untuk Windows Phone minggu lalu. Saat itu, versi beta hanya tersedia bagi mereka yang mendaftar. Tapi kini, pemilik Windows Phone bisa langsung mengunduhnya.

Opera Mini ialah versi mobile browser PC Opera - tersedia semenjak tahun 1996. Ia diadaptasi dan telah diluncurkan untuk platform mobile modern seperti Android, iOS dan BlackBerry; serta diklaim sebagai salah satu browser tercepat di dunia. Ketersediaan Opera Mini di Windows Phone akan memperluas jumlah penggunanya yang dilaporkan terhitung sebanyak 250 juta jiwa.

Tidak seperti browser konvensional, Opera Mini mengambil konten melalui server proxy dan memformat ulang web agar lebih cocok di display berukuran kecil. Laman web dikompres, kemudian dikirimkan ke smartphone dalam sebuah bahasa khusus (Opera Binary Markup Language) yang akan diterjemahkan kembali oleh browser.

 

Info menarik: Opera Mini Untuk Windows Phone Masuki Tahap Beta Publik, Yuk Ikutan Nyoba!

 

Kompresi data membuat waktu transfer dua hingga tiga kali lebih gesit, dan metode 'pre-processing' meningkatkan penampilan estetika laman web, khususnya yang tidak didesain dari awal untuk layar kecil. Saat Anda mengaktifkannya, Opera membuka sebuah koneksi ke server proxy yang tetap terbuka dan digunakan seperlunya

Selain janji waktu load lebih cepat, Opera Mini tidak terlalu membebani hardware handset dibandingkan app browser lain. Laman ditampilkan 10 persen lebih kecil dari ukuran normal, alhasil, data masuk lebih sedikit, akses lebih cepat dan biaya internet lebih murah. Untuk versi beta ini, Opera Mini menyajikan penampilan layout bersih dengan tombol lebih besar.

Di dalamnya terdapat fitur Speed Dial untuk mengakses website-website favorit langsung dari homescreen browser, dan pengguna bisa menambahkannya sebanyak yang mereka inginkan. Lalu Anda dapat 'menyimpan' laman untuk dibaca di lain waktu, bahkan ketika handset tidak tersambung ke internet.

 

Info menarik: Dirumorkan Ganti Nama, Internet Explorer 11 Justru Makin Populer di Sektor Desktop

 

Opera Mini memiliki fitur tab dan opsi pengelolaan download. Anda bisa memulai, menghentikan, serta melanjutkan unduhan, dan mengedit namanya dengan mudah - tanpa menggunakan langkah-langkah 'tradisional'. Kemudian melalui Smart Page, pengguna diberi update instan langsung dari sosial media dalam satu layar.

Sangat menjanjikan bukan? Anda bisa langsung mengunduhnya di Windows Phone store. Jika Anda memakai smartphone selain WP dan Opera Mini belum ada di sana, silakan download di Apple store atau Google Play.

Perlu diingat, label beta pada versi Windows Phone menandakan bahwa Opera Software masih memoles dan menyempurnakan browser tersebut. Banyak kemungkinan Anda akan menemui berbagai bug. Jika Anda lebih memilih bersabar menanti versi 'sempurnanya', silakan daftarkan alamat email Anda di Opera.com untuk mendapatkan notifikasi dini.

Sumber: Ubergizmo & WP Central. Gambar header: Wikipedia.