23 March 2015

by Glenn Kaonang

[Video] Mobil Glow-in-the-Dark Bertemu dengan Smart Highway yang Juga Bisa Menyala dalam Gelap

Apa yang terjadi ketika mobil dan jalanan berlapis fosfor bertemu? Jawabannya adalah sebuah pemandangan yang sebelumnya hanya bisa didapat saat menonton film TRON: Legacy. Namun inilah yang tengah dipamerkan oleh Nissan di dunia nyata.

Sekitar sebulan yang lalu, mereka menciptakan mobil listrik Nissan Leaf edisi khusus. Yang spesial dari mobil tersebut adalah catnya yang dapat menyala di dalam kegelapan.

Di siang hari, cat phosphorescent ini akan menyerap energi ultraviolet yang dilepaskan matahari sehingga ia bisa menyala selama 8 sampai 10 jam di kegelapan. Cat istimewa ini diklaim dapat bertahan hingga 25 tahun lamanya.

Info menarik:Β Opel Kembangkan Teknologi Lampu Depan Mobil yang Bisa Dikontrol oleh Mata Pengemudi

Mobilnya sudah, kini saatnya membuat garis jalan dengan cat glow-in-the-dark yang sama. Bertempat di kota Oss, Belanda, jalanan sepanjang 600 meter yang dijuluki Smart Highway ini akan berpenjar di saat matahari telah terbenam, menghemat energi yang semestinya dikonsumsi oleh lampu-lampu jalan.

Mobil glow-in-the-dark sebenarnya sudah banyak digarap oleh rumah-rumah modifikasi, akan tetapi ini pertama kalinya pabrikan mobil mengaplikasikan cat semacam ini ke mobilnya. Lebih lanjut, cat ini menggunakan bahan-bahan organik, salah satunya adalah logam langka Strontium Aluminate yang tidak berbau.

Proyek ini sejatinya dikerjakan guna mempromosikan semakin meningkatnya penggunaan panel surya oleh para pemilik mobil listrik Nissan Leaf di rumahnya. Tanpa harus berpanjang-panjang lagi, silakan nikmati satu menit pemandangan ala TRON: Legacy ini…

Sumber: Nissan via Autoblog.