Categories

Gadget

Vinpok Taptek Ialah Keyboard Mekanis Tipis Untuk Perangkat Mac

Keyboard menawarkan sensasi mengetik ala 'switch Cherry MX'.

Yoga Wisesa - 18 September 2018

Pengembangan perangkat komputasi yang tipis dan ringan terus dilakukan. Dan bersamaan dengan upaya tersebut, produsen juga harus memutar otak dalam menyediakan metode input yang andal, nyaman dan akurat. Kualitas keyboard di laptop ultra-thin memang semakin membaik, namun pengguna keyboard mekanis mungkin tetap enggan kembali memakai papan ketik rubber dome.

Lalu jika Anda punya laptop tipis untuk bekerja tapi tak puas dengan keyboard-nya, apakah itu berarti Anda harus membawa-bawa papan ketik mekanis full-size tiap hari? Vinpok punya solusinya. Sejak beberapa bulan lalu, mereka sibuk mengembangkan Taptek, yaitu keyboard mekanis berpenampilan minimalis yang didesain khusus buat para pengguna Mac. Ia bisa jadi solusi atas keluhan konsumen terhadap mekanisme kupu-kupu di MacBook Pro baru.

Arahan rancangan Taptek menyerupai kombinasi dari produk tenkeyless dengan papan ketik '60 persen'. Ia tidak mempunyai bagian numerical pad, tetapi Vinpok juga tidak menghilangkan bagian tombol kursor arah. Di sana, produsen memastikan tak ada bagian yang mubazir, memangkas area tepi/bingkai, tanpa membuat jarak antar tuts jadi terlalu berdempetan dan mengorbankan kenyamanannya.

Taptek menyuguhkan enam baris tombol. Namun berbeda dari keyboard mekanis yang ada, Taptek memanfaatkan jenis keycap chiclet yang pendek sehingga penampilannya menyerupai papan ketik Mac. Dan meski mengusung switch mekanis di dalamnya, Vinpok tetap berhasil menekan ukurannya semaksimal mungkin. Keyboard ini hanya berdiri setinggi 1,6-sentimeter dari permukaan meja.

Untuk switch-nya, Vinpok 'mencoba menyajikan sensasi ala Cherry MX', namun sepertinya Taptek tidak menggunakan produk buatan brand Jerman itu. Dari video yang produsen publikasikan, saya sempat mendengar suara clicky, berarti kemungkinan Vinpok menyediakan opsi switch berprofil tactile. Selain itu, switch Taptek menjanjikan daya tahan hingga 50 juta kali tekan.

Untuk menyempurnakan penampilannya, sang produsen membenamkan pencahayaan RGB LED plus 10 mode backlight. Vinpok memang belum menjelaskan detail spesifikasi secara rinci, termasuk jenis LED-nya, tapi ada peluang Taptek didukung sistem per-key. Keyboard ini kabarnya bisa tersambung secara wireless ke tiga perangkat sekaligus dan juga ditopang koneksi kabel. Selain Mac, tentu saja Taptek kompatibel dengan Windows.

Saat artikel ini ditulis, belum diketahui kapan Taptek akan tersedia dan berapa harga yang dipatok oleh Vinpok. Produk ini rencananya akan dipasarkan lewat situs crowdfundingIndie Gogo. Jika tertarik atau penasaran, Anda bisa mendaftarkan email buat mendapatkan update langsung dari sang produsen.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter