1. Startup

VIP Plaza Ingin Menjadi Layanan E-Commerce Flash Sale Terbaik di Asia Tenggara

Pada 27 Januari 2015 kemarin e-commerece fashion di Indonesia yang mengusung konsep flash sale, VIP Plaza, mengumumkan perolehan pendanaan seri A dari Yahoo Japan Capital dalam jumlah yang tidak diungkapkan. Pendanaan dari anak perusahaan Yahoo Jepang ini merupakan yang pertama di Indonesia dan akan digunakan untuk perluasan pasar di Asia Tenggara. Pada saat peluncurannya di awal tahun lalu, VIP Plaza sendiri telah disokong oleh dana investor dari Cyber Agent Ventures. VIP Plaza ingin berekspansi menjadi layanan e-commerce flash sale terkemuka di kawasan ini.

Terkait dengan pendaan yang diperoleh, COO VIP Plaza Yoga Sades Sugeharto menjelaskan bahwa saat ini VIP Plaza bertujuan menjadi mall diskon online terkemuka di kawasan Asia Tenggara dengan fokus pada dua negara terlebih dahulu, yaitu Indonesia dan Malaysia. Jika saatnya tepat, Yoga mengungkapkan mereka tak menutup kemungkinan untuk memperluas ke negara-negara lain di wilayah tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Co-Founder VIP Plaza Tessong Kim. Ia mengatakan, "Dengan konsep yang unik kami akan menjadi mal diskon online nomor satu untuk produk fashion dan lifestyle bermerek di Asia Tenggara. Kami juga telah berhasil manarik banyak pembeli dari Indonesia untuk mengunjungi situs kami per harinya, sehingga mendongkrak tingkat pembelian ulang kami hampir 70%."

Lebih lanjut Kim menjelaskan bahwa VIP Plaza telah berhasil menarik perhatian merek-merek internasional maupun lokal dengan volume penjualan yang signifkan dari persedian mereka. Hasilnya, dalam setahun belakangan ini 400 brands internasional dan lokal telah bergabung dengan VIP Plaza. Untuk menarik lebih banyak pembeli dan juga brands untuk bergabung dengan VIP Plaza, Kim mengungkapkan bahwa ia akan membangun konsep yang sama di setiap Negara Asia Tenggara yaitu dengan strategi flash sale.

Jika dibandingkan dengan awal peluncurannya, situs VIP Plaza sudah lebih baik dalam hal metode pembayaran dan pengiriman barang. Saat ini VIP Plaza sudah dapat dapat menerima pembayaran melalui BCA, Mandiri, Cash on Delivery-yang sudah didukung sejak awal peluncuran, dan juga telah terdaftar sebagai salah satu merchant yang menggunakan payment gateway Veritrans. Untuk layanan pengiriman, VIP Plaza telah bekerja sama dengan jasa pengiriman RPX dan JNE.

"Bisnis online flash sale di Asia Tenggara sendiri sangat menjanjikan, karena Asia Tenggara memiliki pertumbuhan yang stabil untuk kalangan yang berpenghasilan menengah ke atas dan model bisnis kami menargetkan segmen yang tumbuh ini." tandas Yoga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again