Categories

Review

Virtual XBook: Penyedia Layanan Buku Online dan Kumpulan Referensi Elektronik

Wiku Baskoro - 18 January 2011

Dalam beberapa tulisan sebelumnya DailySocial pernah membahas tentang berbagai layanan yang berhubungan dengan dunia buku, baik itu yang menyediakan buku digital, tempat untuk menerbitkan karya, atau toko e-book, dan kini yang akan dibahas berikutnya adalah Virtual XBook.

Virtual Xbook adalah layanan yang juga berhubungan dengan buku, di situs ini pengguna bisa membaca, membeli, menyewa serta menerbitkan karya tulis Anda sendiri. Seperti yang dijelaskan di situs mereka, “Virtual XBook adalah situs penyedia layanan buku online dan kumpulan referensi elektronik. Dengan XBook reader yang unik, pengguna dapat membaca buku, majalah, komik dan referensi secara online semudah membaca versi cetaknya”. Di situs ini pengguna tidak hanya bisa membaca buku secara online, tetapi juga majalah, komik, serta karya ilmiah.

Tersedia buku dalam bentuk digital yang bisa dibeli, disewa atau dibaca gratis, selain itu Virtual XBook juga menyediakan buku fisik yang bisa dibeli. Untuk buku yang dijual, disediakan pula fasilitas preview untuk melihat isi buku.

Pengguna yang tertarik untuk mencoba layanan Virtual XBook bisa melakukan login dengan Facebook, nantinya akan tampil halaman awal dimana pengguna bisa melihat menu pilihan koleksi dari buku, komik, majalah atau karya ilmiah.

Untuk navigasi menu tersedia di bagian bawah, dimana selain navigasi koleksi yang ada di Virtual XBook, pengguna juga bisa mengubah profil, menyusun koleksi buku yang telah dibeli di lemari buku, melihat daftar acara serta bisa mengakses keranjang belanja dari menu ini. Selain untuk melayani para pembaca, Virtual XBook juga menyediakan fasilitas bagi mereka, para penulis atau komikus yang ingin mengunggah karya mereka, dimana file yang diperbolehkan adalah file berkekstensi .doc atau .pdf dan kurang dari 2Mb.

Untuk buku yang dijual, baik itu fisik maupun digital serta buku bacaan berbayar proses pembelian dan penyewaan (membaca) buku berbayar adalah menggunakan sistem poin, dimana pengguna bisa membeli paket poin tertentu yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran. Poin ini bisa dibeli dengan cara transfer antar bank, Indosat i-Pay, PayPal atau membeli paket voucher dari Virtual XBook.

Virtual XBook menyediakan XBook reader yang mirip dengan fasilitas flipbook di Evolitera, yang digunakan untuk membaca berbagai koleksi, baik itu majalah, buku, komik dan referensi online.

Layanan yang diberikan Virtual XBook sebenarnya cukup menarik, salah satunya dikarenakan menjadi satu tempat untuk kegiatan membaca online, mulai dari membeli koleksi bacaan, membaca sampai dengan menerbitkan karya tulis. Kalau melihat dari situs mereka juga sepertinya Virtual XBook telah menjalin kerja sama dengan beberapa penerbit dan komunitas. Saya mencoba membaca beberapa buku di Virtual XBook, dan saya menemukan juga bahwa Virtual XBook telah menempatkan iklan sebelum halaman buku digital terbuka.

Sayangnya tampilan desain situs mereka masih kurang maksimal, masih ada grid yang kurang pas, seperti teks yang keluar kotak, serta pengaturan tata letak yang masih bisa diperbaiki termasuk pemanfaatan ruang kosong, baik sebagai elemen estetis atau difungsikan secara maksimal. Saya juga masih menemukan bug dari layanan mereka.

Fungsi pencarian juga bisa diperbaiki, karena ini adalah faktor penting dari layanan seperti Virtual XBook, harusnya sistem pencarian bisa lebih detail terutama jika koleksi bacaan terus bertambah, selain pencarian berdasarkan kategori yang masih bisa ditambahkan, sepertinya akan cukup membantu jika kolom pencarian di letakkan pada setiap halaman dan di posisi yang mudah terjangkau.

Namun, seperti yang tercantum dari komentar salah satu pengguna di situs mereka, idenya cukup menarik, telah memiliki bisnis yang jelas, dalam arti telah memiliki jalur pemasukan, minimal dari penjualan buku dan iklan. Selain perbaikan seperti yang dituliskan diatas, Virtual XBook juga harus secara kontinyu memperbanyak buku, majalah, komik serta referensi online mereka dan tentu saja mengembangkan komunitas, karena dunia baca + buku sangat erat dengan komunitas.

Contoh tampilan XBook reader.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter