Categories

Gadget

Smartphone Tanpa Tombol dan Lubang, Vivo Apex 2019 Juga Resmi Diungkap

Perkenalan smartphone konsep ini dilakukan tak lama setelah smartphone serupa dari Meizu muncul

Bambang Winarso - 25 January 2019

Di saat sejumlah pabrikan terlihat fokus pada notch dan lubang di layar, Vivo justru mengambil arah yang sama sekali berbeda. Pabrikan asal Tiongkok itu resmi memperkenalkan perangkat baru inovatif dan seksi, Apex 2019 yang memiliki rasio ke body mencapai 98%, tanpa lubang dan tanpa tombol fisik. Benar, desain ini mirip dengan apa yang disuguhkan oleh Meizu Zero yang kami beritakan kemarin.

Lalu bagaimana dengan fungsi-fungsi yang ditiadakan tersebut? Untuk mengganti tombol fisik, Vivo mengadopsi fitur yang dipakai oleh HTC U12 Plus dan menggunakan bingkai pengindraan tekanan. Jadi, alih-alih mengklik tombol, pengguna akan menekan area berbeda dari Apex 2019 dan ponsel akan memberikan respon.

Apex_2019

Sedangkan untuk mengisi baterai perangkat, Vivo mengganti port USB-C dengan konektor daya magnet. Tidak hanya dapat digunakan untuk pengisian daya tetapi juga dapat dipakai untuk menransfer data. Jadi, secara teknis smartphone tidak kehilangan fungsi apapun, tapi caranya saja yang dibuat berbeda.

Lalu untuk mengatasi kebutuhan lubang speaker, Vivo mengubah layar menjadi pengeras suara di mana ia dapat menghasilkan getaran, sebagai mana yang pernah ditawarkan oleh Sharp Aquos Crystal dan Xiaomi Mi Mix. Tak berhenti di situ, menjawab akan perkembangan sensor sidik jari yang menggila, Vivo memberikan dukungan sensor ini tidak hanya di beberapa titik layar tetapi di sebagian besas layar Apex 2019 bisa menerima input sensor sidik jari.

Vivo_APEX_2019

Vivo Apex 2019 juga menjadi satu dari sedikit smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G dengan dipastikannya bahwa modem Qualcomm X50 5G tertanam di dalamnya. Di tempat lain Apex 2019 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 855, penyimpanan 256GB dan kemungkinan RAM sebesar 12GB, belum ada rincian resmi soal komponen terakhir ini.

Vivo belum membeberkan detail komponen kamera belakang ataupun depan, tetapi jelas ada konfigurasi lensa ganda di punggung Apex 2019. Meskipun secara tekniks smartphone ini terlihat masih sebatas konsep, namun Vivo tampaknya bakal menjadikan ajang MWC 2019 untuk memamerkan sekaligus membongkar semua keunggulan Apex 2019.

vivo apex 2019_2

Sumber berita GSMArena dan AndroidCentral.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id