1. DScovery

WA GB Adalah: Pengertian, Perbedannya dengan WA Biasa, Serta Keunggulan dan Kekurangannya

WA GB adalah aplikasi yang diluncurkan oleh pihak ketiga dan tidak berlaku untuk semua smartphone dan platform.

WhatsApp GB adalah aplikasi pesan singkat yang telah menggemparkan dunia maya. Karena aplikasi tersebut dianggap ilegal, tetapi menawarkan fitur yang lebih luas daripada versi resminya.

WhatsApp GB memiliki beberapa fitur menarik, termasuk kemampuan untuk melihat pesan yang dihapus, membuka cerita orang lain secara diam-diam, dan mengirim gambar berkualitas tinggi. Beberapa pengguna juga beralih ke WhatsApp GB karena membuat pengiriman pesan lebih mudah. 

Apa Itu WA GB?

WhatsApp GB atau WA GB adalah aplikasi tiruan yang sama dengan WhatsApp. Berbagai fungsi dapat diimplementasikan seperti menjawab pesan teks, melakukan panggilan video, dan mengirim audio. Dari luar, WA GB memang tidak terlihat asing. Namun fitur yang disertakan memudahkan bagi sebagian orang. 

Perbedaan WA GB dengan WA Biasa

Setelah mengetahui apa itu WA GB, penting juga untuk mengetahui perbedaan wa gb dan wa biasa. Perbedaan antara WA biasa atau resmi dan GB WA diantaranya adalah:

  1. Dari segi hukum, WA GB bukanlah produk aplikasi Meta. Ini lebih dari varian WhatsApp Plus, aplikasi pihak ketiga. Berbeda dengan WA biasa yang merupakan produk resmi dari Meta.
  1. Mengenai sistem operasi dan penggunaannya, WA GB hanya bisa digunakan untuk Android. Sedangkan WA biasa atau resmi bisa digunakan di berbagai platform. Dari Android, iPhone, Mac hingga PC Windows.
  1. WA GB tidak bisa diunduh dari PlayStore. Jadi harus pakai pihak ketiga. Berbeda dengan WA resmi yang bisa kamu download di AppStore atau PlayStore.
  1. WA GB tidak menjamin keamanan data pribadi penggunanya. Sedangkan WA biasa atau resmi memiliki sistem keamanan dan sistem enkripsi yang kuat. 

Keunggulan dan Kekurangan WA GB

Meskipun WA GB banyak digunakan, namun jelas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Manfaat WA GB adalah sebagai berikut:  

  1. Kamu dapat membuat dan memodifikasi tema hingga ratusan opsi.
  1. Kamu dapat dengan mudah menghapus pesan terkirim.
  1. Dapat menggunakan dua atau bahkan lebih akun tanpa menggunakan program pihak ketiga. Termasuk pemutusan koneksi internet di WhatsApp.
  1. Centang biru dan centang ganda dapat disembunyikan. Dapat mengunci aplikasi dan mengirim pesan tanpa menyimpan nomor dan menyembunyikan pesan.
  1. Format file yang dikirim lebih beragam, tidak hanya gambar atau video, dan dapat membalas pesan secara otomatis.
  1. Pengguna juga dapat mengubah huruf untuk menghapus "mode mengetik". 

More Coverage:

Di sisi lain, WA GB selain memiliki beberapa kelebihan, juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, keamanan tidak terjamin dalam hal privasi karena aplikasi ini merupakan layanan pihak ketiga. Diantara kelemahan memakai WA GB adalah:

  1. WhatsApp mengatakan akan memblokir akun pengguna menggunakan aplikasi yang dimodifikasi seperti WA GB.
  1. Ponsel rentan terhadap serangan dunia maya. WA GB tidak tersedia di app store seperti Google Play Store dan App Store. Itu berarti kamu harus mengunduhnya dari situs pihak ketiga yang tidak dapat kamu percayai sepenuhnya.
  1. Aplikasi WA GB yang diunduh dapat memperkenalkan malware atau perangkat lunak seperti ransomware. Menurut Laporan Ancaman T2 2022, sebagian besar malware di ponsel Android adalah Trojan.
  1. Verifikasi keamanan akun belum ditambahkan.
  1. Tidak termasuk fitur backup dan chat.
  1. Pemberitahuan pembaruan perangkat lunak tidak ditampilkan. 

Demikian penjelasan WhatsApp GB dan manfaatnya yang tidak terdapat di WA biasa. Meski tak sesempurna aplikasi aslinya, perusahaan Meta menjamin privasi dan legalitas WA asli. Oleh karena itu, lebih baik mempertimbangkan dampak di masa mendatang sebelum memutuskan untuk memasangnya. Semoga bermanfaat.  

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again