15 January 2014

by Bambang Winarso

Walau Dibanderol Lebih Mahal, iPhone 5S Lebih Laris Ketimbang iPhone 5C

iPhone 5S dan 5C merupakan dua perangkat iPhone bersaudara yang dilahirkan di hari dan bulan yang sama yakni September 2013. Tetapi keduanya mengusung misi yang sedikit berbeda.

iPhone 5S merupakan generasi penerus iPhone 5 yang tidak lagi diproduksi dan mengemban misi sebagai komandan lapangan di pasar high end dengan banderol model kurang lebih 16GB $649, 32GB $749 dan 64GB $849 (area Amerika Serikat).

 

Info Menarik: Bocoran Nokia ‘Android’ dalam Berbagai Warna

 

Sementara iPhone 5C yang sebelumnya sempat dikabarkan menjadi perangkat iPhone murah ternyata tidak "semurah" yang dikira dan merangsek sebagai panglima smartphonemid-price yang dinilai masih tergolong mahal dengan banderol 16GB $549 dan 32GB $649 (area Amerika Serikat).

Meski mendapatkan banderol harga yang lebih mahal, menurut hasil survei konsumen Apple yang dilaporkan oleh CIRP terungkap bahwa sepanjang Desember 2013 perangkat iPhone 5S ternyata lebih sukses ketimbang iPhone 5C.

Berdasarkan hasil survei tersebut diketahui bahwa iPhone 5S tercatat berhasil terjual sebanyak 59% dari total penjualan perangkat iPhone hingga Desember 2013. Sementara iPhone 5C hanya 27% dan yang terendah ditempati oleh iPhone 4S di angka 14%. Sementara itu di periode yang sama pada tahun 2012, masih berdasarkan hasil survei CIRP terungkap bahwa iPhone 5 terjual sebanyak 50% dari total penjualan perangkat iPhone di masa itu yang juga dirilis iPhone 4S yang terjual sebanyak 32% dan iPhone 4 sebanyak 18%.

Menurut Mike Levin, selaku co-founder CIRP, iPhone 5S sepertinya mengambil pangsa pasar yang ditinggalkan oleh iPhone 4s dan juga sebagian dari pangsa pasar iPhone 5C. Berbeda dengan yang terjadi tahun lalu, setelah iPhone 5 dirilis justru iPhone 4S dan iPhone 4 masih menunjukkan angka penjualan yang baik hingga beberapa bulan ke depan.

Info menarik: Apple dan Honda Berkolaborasi Untuk Keamanan Berkendara?

Dilihat secara keseluruhan prestasi iPhone 5S dan 5C cukup mengesankan, di minggu pertama perilisannya bahkan sudah ada penjualan sebanyak 9 juta unit. Angka sudah barang tentu menjadi rekor tertinggi, meningkat 80% dari angka penjualan pekan pertama iPhone 5 yang terjual sebanyak 5 juta unit. iPhone 5 sendiri sebelumnya juga memecahkan rekor iPhone 4S yang terjual sebanyak 4 juta unit pada pekan pertamanya.

Sumber berita Cnet.