Categories

Gadget

Walt Disney Manfaatkan Perangkat Wearable Sebagai Alat Bantu Transaksi

Glenn Kaonang - 26 May 2015

Salah satu fitur Apple Watch yang banyak disukai oleh para reviewer adalah kemampuan membayar transaksi hanya dengan menyodorkan smartwatch-nya ke mesin pembaca. Fitur ini didukung oleh layanan Apple Pay, dan pengaplikasiannya terbukti praktis sekaligus efektif.

Meski fitur semacam ini mungkin belum bisa kita nikmati secara penuh di Indonesia, tidak ada salahnya jika kita berasumsi bahwa perangkat wearable ideal dijadikan alat bantu transaksi. Karena wearable, perangkat seperti ini selalu ada bersama kita, kapanpun dan di manapun kita berada.

Pada kenyataannya, perusahaan seperti Walt Disney pun begitu tertarik dengan kapabilitas yang ditawarkan perangkat wearable. Mereka tidak segan menginvestasikan dana sebesar $1 miliar untuk mengembangkan program MyMagic+, yang mencakup MagicBand, sebuah gelang pintar dengan teknologi RFID (radio frequency identification).

Info menarik: Acer Perkenalkan Liquid Leap, Smart Band Fitness Pertama Mereka

Pada dasarnya, Disney MagicBand ini diproyeksikan menjadi pengganti tiket masuk ke Disneyland maupun beragam wahananya. MagicBand terbuat dari material yang fleksibel dan nyaman dipakai, serta mengadopsi desain universal sehingga bisa dikenakan oleh mayoritas pengunjung Disneyland, yaitu anak-anak.

Sejauh ini, sebanyak 11 juta MagicBand telah digunakan oleh pengunjung Walt Disney World di berbagai negara. Selain menggantikan tiket masuk, MagicBand juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk membuka pintu kamar hotel, membeli makanan atau suvenir, melakukan reservasi di restoran dan lain sebagainya di Walt Disney World.

Menariknya, Tom Staggs selaku Chief Operating Officer Walt Disney menyampaikan kepada Reuters bahwa mereka juga akan membawa teknologi yang diusung MagicBand ke luar Walt Disney World. Dengan kata lain, bukan tidak mungkin ke depannya MagicBand bisa digunakan di taman rekreasi lain, seperti Universal Studios misalnya.

Di saat yang sama, perusahaan bermaskot Mickey Mouse tersebut juga tengah mengeksplorasi potensi perangkat wearable lain untuk menjalankan fungsi yang sama seperti MagicBand. Gampangnya, Walt Disney tengah mencari cara apakah mungkin transaksi yang dilakukan di dalam Walt Disney World bisa dipenuhi dengan Apple Watch atau smartwatch Android Wear milik pengunjung.

Sumber: Reuters dan Digital Trends. Sumber gambar: Walt Disney.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter