1. Startup

Layanan Pesan Antar Makanan Kulineran Hadir di Yogyakarta

Layanan pengiriman makanan di Indonesia kini semakin ramai dengan semakin banyaknya pemain baru, baik itu FoodPanda yang hadir menggandeng OpenRice, Klik-Eat, atau juga Pesan-Aja, baru-baru ini Kulineran hadir meramaikan persaingan pasar pesan antar makanan tersebut. Dengan menawarkan konsep serta layanan yang sejenis dengan pemain lainnya, Kulineran saat ini hanya melayani konsumen di Yogyakarta.

Melihat dari layanan yang diusungnya, Kulineran akan terlihat tak jauh berbeda dengan situs online food delivery lainnya, malah justru cenderung tak ada perbedaan yang berarti entah dari layanan pesan antarnya, skema pemesanan, dan hal lain sebagainya. Namun di satu sisi, Kulineran memiliki satu hal membedakan yakni wilayah cakupan layanannya yang hingga saat ini baru hanya tersedia untuk wilayah Yogyakarta dan sekitar.

Kulineran bukanlah yang pertama melayani daerah Yogyakarta. Walaupun situs-situs semacam FoodPandaKlik-Eat, maupun Pesan-Aja, hingga saat ini belum membuka layanannya untuk wilayah Jawa Tengah, pada tahun 2012, kami sempat memberitakan akan kehadiran situs pemesanan kiriman makanan yang juga hanya melayani wilayah Yogyakarta yakni PesanSaja.

Sebagai sesama penyedia layanan pemesanan makanan bagi warga Yogyakarta, Kulineran dan PesanSaja otomatis bersaing secara langsung. Ada beberapa poin yang bisa diperhatikan yakni perihal jenis makanan dan pilihan restoran yang tersedia serta wilayah pengiriman di antara keduanya yang cukup memiliki perbedaan.

Baik Kulineran maupun PesanSaja sama-sama memiliki ragam gerai restoran, mulai dari yang khas Yogyakarta hingga restoran biasa pada umumnya. Jika dilihat secara singkat, PesanSaja memiliki pilihan gerai restoran yang jauh lebih banyak ketimbang Kulineran. Hal itu mungkin saja berkaitan dengan PesanSaja yang lebih dahulu hadir. Sekiranya poin ini cukup penting untuk diperhatikan oleh Kulineran dalam pengembangan kedepannya.

Perbedaan kedua yang cukup mendasar yakni terletak pada wilayah kirim pemesanan makanan. Walau keduanya fokus dalam melayani pelanggan di Yogyakarta, PesanSaja “berani” membuka layanan pesan antar ke luar wilayah Yogyakarta. Layanan ini mungkin diperuntukkan bagi pengiriman jenis makanan tertentu seperti oleh-oleh khas Yogyakarta. Dalam hal ini PesanSaja kembali lebih unggul dari Kulineran.

Poin-poin pembeda tadi semestinya dapat menjadi acuan pengembangan bagi Kulineran kedepannya jika ingin memberikan suatu bentuk persaingan yang lebih kompetitif diantara pesaing lainnya, terlebih bagi pesaing sekotanya tersebut.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again