1. Startup

Wawancara: Mengenal Lebih Jauh t4nya.com

Akhir pekan yang lalu DailySocial memuat artikel tentang salah satu jejaring sosial berbasis lokasi asal Yogyakarta yaitu t4nya.com (baca: tempatnya). Beberapa waktu yang lalu, saya berusaha menghubungi salah satu dari empat founder t4nya.com melalui email, dia adalah Yonathan Utomo.

Bersama dengan tiga orang temannya yang juga termasuk founder,  Andhri Hermawan Effendi (Web Developer), Widy Agung Priasmoro (Android Developer), dan Waskito Adi (System Admin). Mereka semua membangun t4nya.com berawal dari bertemu di sebuah grup di Facebook bernama PPP . Berikut interview singkat dengan Yonathan Utomo salah satu pendiri t4nya.com :

DS: Sejak kapan t4nya.com mulai diluncurkan?

Proses development versi web dimulai sejak bulan September 2010. Sedangkan versi beta (untuk web) sejak Januari 2011 (tapi baru disebarkan ke teman-teman kami sendiri). Launching resmi belum pernah.

DS: Mengapa memilih nama t4nya?

Awalnya kami memilih nama PoI dipeta. PoI = Point of Interest, dipeta = nama perusahaan. Kalau PoI tidak semua orang tahu artinya, maka kami memilih nama yang mudah diingat yang bisa langsung menunjukkan bahwa aplikasi ini bertemakan "tempat". Maka kami memilih nama tempatnya. Agar lebih menarik tulisannya kami buat t4nya (dibaca tempatnya, meskipun beberapa teman bersikeras t4nya = tanya).

DS: Bisa diceritakan sedikit tentang latar belakang dari dibentuknya t4nya.com?

Latar belakangnya adalah memudahkan orang untuk berbagi tempat favorit/menarik beserta informasinya kepada orang lain. Hampir setiap hari kita mendengar pertanyaan yang memuat kata “di mana” yang menanyakan lokasi suatu tempat, misalnya: di mana kita makan siang hari ini, di mana lokasi kampus A, dll.

Untuk menjawab pertanyaan ini biasanya kita menjawabnya dengan lisan, atau kalau petunjuknya agak rumit kita akan menggambar denah. Nah, alangkah lebih baiknya jika ada suatu sistem yang menyediakan denah yang dapat diakses kapan saja beserta keterangan-keterangan yang berisi informasi singkat mengenai tempat tersebut. Keterangan-keterangan ini bisa diberikan oleh orang-orang yang benar-benar mengerti tempat tersebut (apalagi tempat tersebut merupakan tempat favoritnya). Dan orang-orang yang ingin mengetahui tempat itu bisa bertanya dengan bebas kepada orang yang mengetahui informasi tempat tersebut.

Selain itu, kami juga ingin mewadahi orang-orang yang senang nge-share/berbagi ilmu mengenai lokasi/tempat-tempat menarik beserta foto-foto yang berhubungan dengan tempat itu.

Kami mengharapkan ada interaksi antar pengguna (baik dalam berdiskusi mengenai suatu tempat, foto, dll.), mungkin bisa menyerupai suatu forum. Interaksi bisa dilakukan melalui masing-masing halaman tempat pada t4nya.com maupun di Facebook dan Twitter (jika ingin berinteraksi lebih pribadi dengan teman-temannya).

DS: Apa yang menjadi keunikan t4nya.com dibandingkan location based startup yang lain? Mungkin fitur-fiturnya?

Kami fokus kepada interaksi dan informasi tempat-tempat menarik, sehingga bagian halaman lokasi/foto tempat lebih kami tonjolkan. Di setiap halaman ini orang-orang yang ingin mengetahui suatu tempat bisa bertanya dengan bebas kepada orang yang mengetahui informasi tempat tersebut. Bisa melalui halaman pada t4nya.com atau bisa melalui fasilitas share FB/Twitter jika ingin bertanya kepada teman-temannya di FB/Twitter (bisa juga untuk pertanyaan yg bersifat lebih pribadi). Agar interaksi lebih nyaman, maka ada fitur notifikasi yang memberitahu pengguna kalau ada orang lain yang memberikan tanggapan atas komentar/pertanyaannya di halaman lokasi/foto.

Jika suatu tempat belum ada, maka pengguna bisa menambahkannya dengan mudah. Untuk edisi web, pengguna wajib menyertakan foto mengenai tempat tersebut (bisa bangunan, logo, menu, atau foto lain yg bisa mewakili tempat tersebut). Untuk mengatasi tempat ganda, pengguna tidak dapat menambahkan tempat yg memiliki nama sama persis dalam radius 30 m. (Kemungkinan sistem ini akan kami revisi di kemudian hari, untuk menghindari tempat-tempat berganda). Kami juga sedang mengembangkan sistem gaming pada t4nya. Meskipun ada sistem gaming pada t4nya, interaksi antar pengguna lebih kami utamakan.

Secara keseluruhan t4nya.com masih dalam tahap pengembangan. Untuk edisi web-nya masih dalam versi beta, sedangkan versi Android akan kami luncurkan sebentar lagi. Untuk mobile web sedang dalam pengembangan. Kami juga hadir di Twitter, Plurk, Facebook Fanpage, Kaskus, Google+. Untuk tempat-tempat ini kami sedang mencari format yang cocok (misal seperti interaksi tanya jawab dll.). Yang penting ada interaksi, bukan sekedar info saja.

DS: Berapakah jumlah user t4nya.com saat ini?

Jumlah user baru sedikit terutama teman-teman kami sendiri (teman kampus, saudara-saudara, dan teman-teman di FB)

DS: Bagaimana cara me-monetize t4nya.com?

Ada beberapa cara yang sudah kami pertimbangkan. Yang pertama adalah advertising. Para pemilik tempat bisa mempromosikan tempatnya pada halaman lokasi. Mereka akan diberi fitur-fitur tambahan untuk mempromosikan tempatnya. Kami juga sedang mengembangkan sistem promo berbayar bersama, yang akan terintegrasi dengan t4nya.com, Tagtung.com, dan Carialamat.com.

Pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya pada sistem promo ini (berbayar) dan tempat usahanya akan tercantum dalam t4nya.com, Tagtung.com, dan Carialamat.com. Target utama kami mula-mula adalah UKM (warung burjo, laundry dll.) Untuk Tagtung.com dan Carialamat.com, pemiliknya adalah Dwining Wahyudi (domisili Yogya) dan Srex Setiawan (domisili Jakarta). Kesemuanya adalah member PPP juga.

DS: Apa kendala yang sekarang dihadapi t4nya.com?

Pembagian waktu. Banyak yang harus di-develop sekarang (mobile version, Android Apps, dan beberapa fitur dan sistem promo bersama). Sehingga banyak waktu difokuskan ke situ, jadi marketing via socmed (FB, twitter, plurk, dll) agak terbengkalai (update hanya kalau sempat).

DS: Apa strategi ke depan t4nya.com?

Kami akan mengembangkan t4nya.com dalam semua platform (web, mobile web, web apps pada Android, BB, iPhone, WP) dan menghadirkan t4nya.com dalam FB, Twitter, Plurk, dan G+. Tetapi karena kami adalah tim yang kecil, maka proses pengembangannya setahap demi setahap. Kami juga sedang mengembangkan sistem promo bersama, yang akan terintegrasi dengan t4nya.com, Tagtung.com, dan Carialamat.com. Sistem promo ini merupakan salah satu strategi monetisasi dari kami.

--

Melihat background para pendiri startup ini, semangat jiwa muda mereka sangat kuat, saya berharap semangat mereka bisa bertahan dalam mengembangkan t4nya.com, sustainabilitas dalam mendirikan sebuah startup adalah keharusan, apalagi yang berhubungan dengan konsumen, dimana adaptasi serta pengenalan layanan butuh waktu. T4nya juga belum secara resmi dirilis serta masih banyak rencana pengembangan yang sedang mereka siapkan.

Sambil menunggu berbagai perkembangan yang akan terjadi, ada beberapa perbaikan di t4nya.com, seperti UX di web supaya pengguna yang baru register, mudah untuk menggunakan t4nya.com. Untuk saat ini t4nya.com sedang mengembangkan mobile app di platform Android, mungkin dari para pembaca penasaran dengan mobile app dari t4nya.com, Saya harap UX di mobile app nanti juga bisa mudah dimengerti oleh para pengguna yang memakai.

Yang membuat menarik dari t4nya.com adalah mengangkat UKM khususnya di daerah Yogyakarta seperti Warung Burjo, angkringan, laundry, dll untuk dijadikan sistem promosi (berbayar). Jikalau banyak UKM yang sudah terdaftar di t4nya.com, maka pengguna akan dimudahkan untuk pencarian tempat, dimana pun dan kapan pun.

So, kita tunggu kejutan-kejutan baru dari t4nya.com.

Terima kasih kepada Yoga Hanggara yang telah saya mengenalkan kepada Yonathan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again