1. Startup

Wego Tawarkan Akses Reservasi Tiket dan Hotel Lebih Mudah Melalui Aplikasi Mobile

Di era yang serba mobile seperti saat ini ekspansi bisnis dan layanan ke ranah mobile merupakan suatu adaptasi yang wajib dilakukan bagi setiap pelaku bisnis, terlebih pada industri berbasis internet. Wego yang dikenal sebagai situs reservasi tiket pesawat dan hotel ini mengadaptasi hal yang sama dengan meluncurkan layanannya dalam aplikasi mobile untuk platform iOS dan juga Android.

Pengembangan aplikasi mobile pada Wego jelas menargetkan pada jangkauan layanan yang cepat dan mudah bagi seluruh penggunanya. Kebutuhan akan perjalanan sudah menjadi hal yang lumrah di tengah-tengah masyarakat saat ini, untuk itu maka wajar bagi konsumen untuk menginginkan layanan reservasi tiket pesawat dan hotel yang dapat diakses secara praktis di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi mobile Wego dikembangkan untuk menghadirkan seluruh fungsi utama dalam web versi desktop yang dapat diakses melalui perangkat smartphone dengan mudah. Fungsi utamanya jelas, dalam aplikasi tersebut pengguna dapat mencari berbagai tiket penerbangan dengan pilihan maskapai yang beragam dan juga untuk reservasi hotel.

Sayangnya pada aplikasi mobile, Wego tak menghadirkan fitur pencarian yang lebih mendetail seperti filtering rentang harga, penyesuaian waktu reservasi, hingga detail pencarian lainnya. Walau ditampilkan secara ringkas, informasi hasil pencarian dari aplikasi telah cukup memenuhi kebutuhan pengguna secara umum. Pencarian yang lebih rinci dapat dilakukan setelah pencarian awal dengan berbagai macam pilihan waktu keberangkatan, rentang harga, maskapai, dan lain-lain.

Langkah yang diambil oleh Wego dalam mengembangkan aplikasi mobile-nya ini menunjukkan bahwa Wego sadar akan bergesernya perilaku konsumen yang semakin lama semakin mengandalkan penggunaan perangkat mobile, sehingga jika Wego tidak menghadirkan aplikasi mobile, bisa jadi akan ditinggalkan oleh konsumen karena situs desktop bukanlah antarmuka yang menarik jika dibuka dari perangkat mobile.

Saat ini aplikasi Wego baru tersedia pada platform iOS dan Android. Idealnya memang aplikasi semacam ini hadir di platform lain juga seperti Windows Phone ataupun BlackBerry tetapi bisa jadi data yang ada pada Wego menunjukkan bahwa pengguna iOS dan Android lebih aktif menggunakan dan melakukan reservasi tiket pesawat dan hotel sehingga dua platform ini lah yang didahulukan.

[update] koreksi mengenai detail pencarian.

Kami sempat berbincang sedikit dengan Graham Hills, managing director Wego di Indonesia, mengenai aplikasi mobile yang disediakan saat ini. Menurutnya, Wego memilih untuk meluncurkan aplikasi Android dan iOS terlebih dahulu karena walaupun Windows Phone dan BlackBerry mungkin cukup populer di Indonesia, dari sisi pasar global, Android dan iOS memang sangat mendominasi sehingga hadir pada dua platform tersebut menjadi kewajiban utama bagi Wego.

Selain itu, situs mobile Wego sejak bulan Desember telah tersedia sehingga bagi platform yang belum memiliki aplikasi Wego dapat menggunakan browser untuk melakukan pencarian dan pemesanan.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again