Categories

Gadget

Western Digital Hadirkan Hard Disk 15 TB

Bisa dibilang ini hard disk dengan kapasitas terbesar di tahun 2018 ini

Dimas Galih W. - 31 October 2018

Hard disk merupakan satu komponen yang penting dalam sebuah komputer, apalagi untuk pengguna enterprise. Hal tersebut dikarenakan seluruh data yang jumlahnya sangat banyak disimpan pada drive tersebut. Untuk menampung data yang jumlahnya sangat besar tersebut, produsen hard disk pun berlomba-lomba mengeluarkan produk yang kapasitasnya besar.

Saat ini, Western Digital ternyata memiliki sebuah HDD yang kapasitasnya paling besar di tahun 2018. Dengan kapasitas per drive sebesar 15 TB, WD memiliki produk berama WD Ultrastar DC HC620 15 TB. Sasaran utama pelanggannya tentu saja bukan konsumen rumahan, namun untuk data center.

Teknologi yang digunakan pada hard disk ini memakai Shingled Magnetic Recording (SMR) yang memang membuat piringan hard disk lebih padat. Hal ini membuat WD dapat memasukkan kapasitas sampai 15 TB ke dalam piringan yang ada didalam produknya.

Hard disk yang satu ini merupakan produk dari HGST, perusahaan yang dibeli oleh WD beberapa tahun yang lalu. Oleh karenanya, pada produk ini juga telah disematkan teknologi Helio-Seal yang menggunakan helium.

Ultrastar DC HC620 memiliki kecepatan rotasi 7200 RPM dengan buffer 512 MB DRAM. WD pun menawarkan HDD yang satu ini dengan dua interface berbeda, yaitu SATA Gbps atau dengan SAS 12 Gbps. Selain itu, HDD ini juga akan memakan daya 6,4 watt untuk SATA dan 8,3 watt untuk SAS.

WD Ultrastar DC HC620 memiliki rata-rata mean time before failure (MTBF) sebanyak 2,5 juta jam. Garansinya sendiri 5 tahun, seperti kebanyakan HDD dari WD. Untuk harganya, WD sendiri tidak mengeluarkan daftarnya karena akan dijual untuk enterprise.

Sumber: Western Digital. Gambar Feature: Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter