Categories

Misc

Tanpa Mouse dan Keyboard, Windows 10 Kini Bisa Dioperasikan dengan Mata

Ditujukan buat kaum difabel, fitur ini memerlukan bantuan perangkat seperti Tobii Eye Tracker 4C

Glenn Kaonang - 4 August 2017

Microsoft kembali merilis versi preview Windows 10 yang sangat menarik. Build 16257 menghadirkan fitur Eye Control, yang jika dilihat dari namanya, memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan Windows hanya dengan menggunakan matanya, tanpa bantuan mouse maupun keyboard.

Memang benar, tapi fitur ini membutuhkan bantuan perangkat eksternal seperti Tobii Eye Tracker 4C untuk bisa bekerja. Fitur ini sejatinya dirancang untuk memudahkan kaum difabel yang kesulitan mengoperasikan mouse ataupun keyboard.

Lebih menarik lagi, Eye Control untuk menggantikan keyboard ini juga bisa digunakan dengan teknik mengetik ala aplikasi Swype di ponsel, yang pastinya lebih cepat ketimbang menginput satu per satu huruf. Untuk sekarang, Eye Control baru kompatibel dengan layout keyboard EN-US, dan dukungan atas perangkat eye tracking lain akan menyusul ke depannya.

Versi preview kali ini juga menghadirkan dukungan objek 3D pada aplikasi Office / Microsoft

Eye Control sejatinya sudah cukup lama dikembangkan oleh Microsoft. Pada kenyataannya, fitur ini berawal sebagai proyek sampingan engineer Microsoft yang memenangkan ajang hackathon internal di tahun 2014, mengalahkan lebih dari 3.000 proyek inovatif lainnya.

Eye Control saat ini masih berstatus beta, yang berarti masih banyak yang perlu disempurnakan. Salah satu kekurangan terbesarnya adalah, akurasi eye tracking bakal menurun ketika pengguna berada di lokasi yang terekspos langsung oleh sinar matahari.

Selain Eye Control, Microsoft turut menyempurnakan browser Edge pada Build 16257, namun yang lebih menarik untuk disorot adalah dukungan atas objek 3D pada deretan aplikasi Office. Dengan ini, pengguna bisa dengan mudah menyisipkan objek 3D dari katalog Remix 3D ke dokumen yang dikerjakannya, dan objek 3D itu pun bisa dibubuhi animasi sinematik pada PowerPoint.

Sumber: VentureBeat dan Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter