Windows 10 Bakal Kedatangan Fitur untuk Berbagi File via Bluetooth dengan Mudah

Sementara baru tersedia dalam versi preview, cara kerjanya mirip seperti AirDrop di Mac

Sudah bukan rahasia kalau Apple menawarkan beragam fitur menarik yang hanya bisa dinikmati oleh ekosistem perangkatnya. Salah satu contohnya adalah AirDrop, yang memungkinkan pengguna Mac maupun perangkat iOS untuk saling berbagi file via Bluetooth secara mudah.

Pengguna PC atau laptop Windows tak perlu berkecil hati, sebab Microsoft sudah menyiapkan fitur serupa untuk Windows 10, meski untuk sekarang Anda haruslah tergabung dalam program Windows Insider untuk bisa menikmatinya.

Dijuluki Near Share, fitur ini mengandalkan konektivitas Bluetooth dan memiliki cara kerja yang sama dengan AirDrop. Cukup nyalakan Bluetooth, lalu aktifkan Near Share melalui Action Center (panel notifikasi yang muncul dari sebelah kanan layar), lalu mulailah berbagi file.

Near Share dapat berfungsi di berbagai macam aplikasi (Photos, Microsoft Edge dan lain sebagainya), bahkan di sistem melalui File Explorer – tinggal klik kanan file yang hendak dibagikan, lalu pilih opsi "Share". Setelahnya, pengguna tinggal memilih perangkat tujuannya yang masih dalam cakupan koneksi Bluetooth.

Sang penerima file kemudian bakal mendapatkan notifikasi di Action Center untuk menerima atau menolak kiriman file tersebut. Fitur ini sangatlah ideal dalam berbagai macam skenario. Contohnya dalam skenario rapat, di mana pengguna bisa membagikan materi dari satu laptop ke yang lain tanpa mengandalkan bantuan flash disk sama sekali.

Selain Near Share, Windows 10 Insider Preview Build 17035 tentunya juga membawa sederet pembaruan lain, termasuk yang sepele namun sangat bermanfaat, yakni opsi untuk mematikan audio yang berasal dari suatu tab (Mute tab) di Microsoft Edge.

Sumber: The Verge dan Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again