1. Lifestyle

Jawara Sistem Operasi Paling Populer di Steam Masih Dipegang Oleh Windows 7

Valve baru-varu ini merilis update data survei perangkat keras dan piranti lunak mereka untuk periode November 2013. Dari data yang diberikan kita bisa melihat sistem operasi apa yang populer digunankan pengguna Steam dalam memainkan mengakses konten di layanan mereka.

Steam sendiri menyediakan berbagai konten digital, meski sebagian besar game. Layanan ini juga lebih populer sebagai 'toko' untuk berbagai game PC mulai dari yang terbaru sampai yang populer di kalangan gamer. Valve, perusahaan dibelakang Steam juga dikenal dengan berbagai produk game mereka seperti Counter-Strike atau Dota 2. Tentunya menarik untuk melihat sistem operasi apa yang populer di layanan ini.

Sistem operasi dari Microsoft menjadi raja, ini bisa jadi dipengaruhi oleh kompatibilitas sebagian besar game yang ada di Steam atas sistem operasi Windows. Untuk sistem operasi PC lain seperti Mac dan Linux jumlah game yang kompatibel, meski semakin banyak, masih jauh kalah dari Windows.

Hal ini tercermin dari data survei yang dilakukan oleh Valve bahwa Windows masih mendominasi, lebih spesifik adalah Windows 7 yang merupakan sistem operasi paling populer di kalangan gamer Steam dengan persentase 51.76% atau naik sebesar 0.33% ketimbang persentase bulan lalu.

Catatan impresif ditorehkan oleh sistem operasi Windows 8.1 yang terus merangkak naik hingga merengkuh 6.11% atau naik 4.17% dibandingkan persentase bulan lalu, ini merupakan kenaikan paling signifikan dibandingkan sistem operasi yang lain. Pencapaian ini layak dirayakan mengingat Windows 8.1 baru berusia 5 bulan sejak pertama dirilis.

Windows 8.1 juga melewati sang veteran Windows Vista yang hanya memegang 3.77% lalu disusul OS X dengan persentase tertinggi 1.81%. Menariknya persentase Windows Vista terus tergerus dari waktu ke waktu. Agustus lalu, Windows Vista masih memegang 5.40% tapi trennya terus menunjukkan angka negatif.

Sistem operasi Windows XP juga menunjukkan tren negatif sepanjang Juli hingga November 2013, besar kemungkinan pengguna sistem operasi ini akan beralih ke Windows 7 atau Windows 8.1, dan juga karena Microsoft sendiri sudah tidak memberikan dukung pada Windows XP terhitung sejak 13 Juli 2010.

Satu hal unik, pada Steam Survei sebelumnya terungkap bahwa Windows 8 64bit berada di urutan kedua. Tapi kini ia berada di urutan ketiga, disusul oleh Windows 7 (versi 32bit, pastinya). Tentu saja ini bukan karena jumlah pengguna Windows 7 (32bit) bertambah, tetapi karena user Windows 8 64bit tampaknya sedang mencoba bermigrasi ke sistem operasi yang lebih baru, Windows 8.1.

Sumber berita Ubergizmo dan Valve. Gamber header: Windows 7 via Shutterstock. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again