Dark
Light

Windows 9 ‘Threshold’ Akan Tersaji Gratis?

1 min read
September 29, 2014
Tom Damek in pink at Lazada Anniversary 2013

Mendekati waktu pengumumannya, kita sudah mendapatkan berbagai macam informasi cukup detail mengenai Windows 9. Kita telah melihat penampilan sekaligus fitur baru dalam sistem operasi anyar Microsoft yang juga dikenal dengan codename Threshold. Tetapi berita terbaru mengenai Threshold mengejutkan banyak pihak.

Ditulis pertama kali oleh Detik.com (dan sampai ke telinga media-media besar dunia), sang CEO dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menyatakan bahwa Windows 9 bisa dimiliki tanpa mengeluarkan uang, seraya membenarkan rumor yang beredar belakangan. Tapi ada satu syarat yang harus dipenuhi: Anda sudah memiliki Windows 8 lebih dulu.

Dari penjelasan di artikel tersebut, Windows Threshold hadir dalam bentuk update otomatis berukuran raksasa. “Mudah saja, saat OS itu [Windows 9] telah diluncurkan nanti, konsumen yang sudah menggunakan Windows 8 hanya perlu melakukan update melalui perangkat miliknya. Maka [sistem operasi] akan terinstal secara otomatis,” jelas sang CEO.

 

Info menarik: Windows 9 Segera Dirilis Dalam Hitungan Hari?

 

Jika benar begitu, Microsoft memanfaatkan metode hampir serupa seperti ketika mereka meluncurkan Windows 8.1. Pengguna dengan mudah dapat menginstal Windows 9 sesudah mengunduhnya langsung dari Microsoft, mengingatkan kita pada bagaimana Apple menyajikan update OS X mereka dalam beberapa tahun ke belakang. Menariknya hal ini juga memperkecil kemungkinan adanya update 8.2 dan seterusnya – dideskripsikan sebagai istilah baru Service Pack.

Berdasarkan beberapa laporan terdahulu, Microsoft berencana mengungkap platform mereka selanjutnya dalam ajang yang akan diadakan di akhir bulan ini, tepatnya tanggal 30 September besok di kota San Francisco. Lalu menggunakan momentum itu, Microsoft juga berniat merilis versi technical preview seperti yang mereka terapkan demi mengenalkan Windows 8.

Tech preview bisa jadi dilepas di saat bersamaan, atau diundur dan menyusul pada bulan Oktober. Bahkan jika ternyata laporan ini benar, masih belum ada informasi soal harga. Windows 9 diprediksi akan diluncurkan di Musim Semi 2015, atau sekitar bulan April.

 

Info menarik: Bocoran Windows 9 Baru Perlihatkan Fitur Notification Center dan Cortana Versi Desktop

 

Berita ini membawa angin segar kepada konsumen, karena kini kita sudah terbiasa mendapatkan update platform gratis, contohnya iOS, OS X dan Android. Dan setelah penerimaan Windows 8 dalam skala global yang kurang hangat, Microsoft harus mengubah strategi mereka demi meraih kembali kepercayaan user. Sangat mungkin Windows 9 ditawarkan melalui pendekatan yang benar-benar berbeda.

Terlepas dari itu, ada baiknya kita menanggapi berita ini dengan kritis. Pihak Microsoft sama sekali belum memberi tanggapan dan konfirmasi resmi. Dan belum ada yang tahu bagaimana nasib pengguna sistem operasi sebelumnya – Windows 7 atau Vista. Apakah mereka akan memperoleh potongan harga atau promo tersendiri?

Beberapa daya tarik terbesar Windows 9 Threshold adalah kembalinya menu Start sejati, kehadiran fitur virtual desktop, Notification Center, digital assistant Cortana dan lain sebagainya. Klik link ini untuk menyimak artikel tentang Threshold lebih lanjut.

Gambar header: WinFuture.de.

Previous Story

Skystar Ventures Incubator’s Second Batch is Now Open

Next Story

Aplikasi Telkomsel Mobile Coupon Mudahkan Akses Deals di Genggaman

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan