1. DScovery

Worksheet Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Caranya

Worksheet adalah perangkat lunak dari Microsoft Office yang mengelola data dalam bentuk angka.

Excel adalah aplikasi pengolah data. Microsoft Excel digunakan untuk menghitung dan mengolah data, terutama dalam dunia kerja. Excel memiliki worksheet dan workbook untuk membuat rumus.

Aplikasi Excel secara fungsional berbeda dari Word. Word digunakan untuk mengolah teks dan kata sedangkan Excel digunakan untuk mengolah angka. Excel memiliki beberapa baris untuk memproses data numerik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Worksheet

Worksheet adalah lembar kerja dalam Excel yang merupakan kumpulan baris dan kolom yang digunakan untuk melakukan pengolahan data.

Setiap worksheet memiliki 1048476 baris dan 16384 kolom memiliki fungsi sebagai tabel yang memungkinkan kamu untuk menginput dan melakukan pengolahan data.

Dalam worksheet kamu dapat memasukkan data, teks, dan juga formula yang membantu dalam pengolahan data.

Worksheet terletak di bawah formula bar dan di atasnya status bar. Bagian spreadsheet Microsoft Excel terdiri dari serangkaian sel yang biasanya digunakan untuk memasukkan dan mengedit data.

Angka, teks, dan berbagai rumus dapat dimasukkan ke dalam sel ini untuk diproses.

Fungsi Worksheet

Mengolah data

Fungsi pertama worksheet adalah memproses data. Tabel ini memudahkan mu untuk mengolah data.

Dalam proses ini tidak menjadi masalah jika kamu menggunakan Excel. Karena kamu hanya perlu menggunakan fungsi statistik pada tab Rumus. Di bawah ini adalah fungsi statistik yang dapat kamu gunakan:

• Sum digunakan untuk menghitung total data.

• Average digunakan untuk menghitung rata-rata semua data.

• Count numbers digunakan untuk menghitung sel yang berisi angka.

• Max dalam tabel digunakan untuk mencari nilai maksimum.

• Min pada tabel pemetaan digunakan untuk mencari nilai terkecil.

Basic Template

Fungsi kedua dari worksheet adalah kemampuan untuk menggunakan basic template.

Ketika kamu menggunakan Microsoft Excel, kamu dapat menggunakan berbagai template dasar yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, ketika kamu membuka Microsoft Excel, template dasar itu sendiri dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kamu dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membuat laporan yang lebih menarik dengan grafik tambahan, seperti penganggaran keuangan, rencana harian, daftar dan berbagai laporan lainnya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita.

Meminimalkan kesalahan

Ketika pekerjaan membutuhkan begitu banyak entri data dan penglihatan membuatnya sulit. Tugas Microsoft Excel adalah menutup beberapa data yang telah dibuat sebelumnya untuk memudahkan memasukkan data tambahan.

Kamu dapat menemukan fungsi Freezes itu sendiri di tab view.

Cara Menggunakan Worksheet

Setelah kamu memahami apa itu worksheet, kamu seharusnya dapat mengetahui cara menggunakan worksheet di Microsoft Excel.

Pertama pilih sheet yang akan digunakan. Secara default, tabel Excel kemudian terdiri dari tiga tabel, yaitu sheet1, sheet2, dan sheet3.

Tempatkan kursor di sel tempat dimana kamu mulai bekerja. Ketik juga sesuatu di sel, seperti mengetik nama setiap rentang di worksheet. Ketik juga kata atau angka di dalam sel sampai selesai.

Jika kamu jngin menulis sesuatu di sel di bawah ini, kamu hanya perlu menekan Enter pada keyboard atau kamu juga dapat mengklik sel tersebut dengan mouse.

Sementara itu, kau dapat berpindah ke sel di sebelahnya dengan menekan tombol panah kanan atau kiri pada keyboard.

Cara Menambah Sheet di Excel

Untuk menambahkan lembar worksheet ke file Excel yang harus kamu lakukan adalah mengklik tombol + di sudut kiri bawah file Excel.

Dengan mengklik tombol tersebut kamu akan langsung membuat tabel baru. Lembar worksheet secara otomatis ditempatkan di sebelah kanan worksheet yang sedang aktif.

Spreadsheet aktif mu akan secara otomatis berubah menjadi spreadsheet baru.

Jika kamu ingin menggunakan pintasan keyboard, kamu dapat dengan cepat membuat tabel baru dengan menekan Shift + F11 (Fn + Shift + F11 di Mac).

Saat kamu menggunakan tombol shortcut, worksheet baru ditempatkan di sebelah kiri worksheet aktif.

Cara Menghapus Worksheet

Kamu dapat dengan mudah menghapus worksheet dengan mouse. Untuk melakukannya, klik kanan lembar yang ingin kamu hapus, lalu klik delete. Jika tabel ini kosong, otomatis akan terhapus.

Namun, jika berisi data, tab konfirmasi penghapusan akan muncul. Jika kamu benar-benar yakin ingin menghapusnya, kamu dapat mengklik tombol delete.

Kamu juga dapat menghapus worksheet dengan tautan. Cukup tekan tombol / + H + D + S secara bersamaan untuk membuka dialog kotak delete. Jika kamu yakin, tekan Enter untuk menghapus worksheet.

Apakah kamu sudah paham sekarang tentang worksheet adalah perangkat lunak dari Microsoft Office yang mengelola data dalam bentuk angka. Semoga artikel ini dapat membantumu mengoperasikannya dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again