1. DScovery

Workshop Adalah: Definisi, Manfaat, hingga Jenis-Jenisnya

Workshop biasanya dapat menjadi bagian dari struktur konferensi dan biasanya bersifat interaktif, mendidik, dan menghibur

Apakah anda pernah mengikuti workshop? Menghadiri workshop dapat menghasilkan ide-ide baru, merangsang penelitian kamu sendiri atau mengilustrasikan dan mempresentasikan praktik ke dalam proses nyata.

Workshop adalah cara yang bagus untuk melatih keterampilan karena memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru dan gagal dalam lingkungan yang aman.

Nah jika ingin mengetahui lebih jauh tentang workshop, bacalah penjelasan lengkapnya di bawah ini tentang pengertian, manfaat, jenis, fitur, kelebihan, kekurangannya.

Definisi Workshop

Menurut kamus Oxford, workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang terlibat dalam diskusi dan aktivitas intensif tentang topik atau proyek tertentu.

Sementara itu, menurut Kamus Collins, workshop adalah tahap diskusi atau kerja praktek tentang topik tertentu, di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan atau pengalaman mereka.

Workshop mirip dengan seminar, tetapi biasanya jauh lebih kecil daripada konferensi. Workshop biasanya dapat menjadi bagian dari struktur konferensi dan biasanya bersifat interaktif, mendidik, dan menghibur.

Workshop ini bermanfaat karena menawarkan kesempatan kepada sekelompok orang untuk mengeksplorasi ilmu atau pelajaran tertentu. Workshop juga biasanya mencakup diskusi, menjadikannya cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran dan mendengarkan pendapat orang lain.

Manfaat Workshop

Dengan berpartisipasi dalam workshop, kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga. Selain mempelajari hal-hal baru, workshop juga memungkinkan untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain, mengembangkan hubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan bahkan mengenal pelanggan dan vendor secara lebih pribadi.

Selain itu, manfaat lain dari workshop ini adalah akan mendapatkan perspektif baru yang unik dan belum pernah terlintas di benakmu. Untuk terus berkembang, kamu harus terbuka terhadap ide-ide baru, cara baru dalam melakukan sesuatu, dan cara berpikir baru.

Keuntungan selanjutnya dari workshop ini adalah menawarkan kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru dari orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik.

Menghadiri workshop ini dapat membantumu tetap terdepan dalam persaingan. Selain itu, dengan banyaknya keterampilan baru yang didapat dengan mengikuti workshop, juga memperbesar peluang untuk mendapatkan promosi atau posisi yang lebih baik.

Jenis-Jenis Workshop

Workshop sendiri bermacam-macam jenisnya, sehingga untuk lebih mempermudah memahaminya, jenis workshop dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

Workshop berdasarkan waktunya

Workshop ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu beruntun dan berkala. Beruntun yaitu dilakukan secara berturut-turut, sedangkan berkala dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bisa jadi mingguan atau bulanan.

Workshop berdasarkan sifatnya

Workshop berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu mengikat dan tidak mengikat. Mengikat yaitu biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari workshop bersifat mengikat peserta yang mengikuti, sedangkan tidak mengikat adalah sebaliknya, apapun hasil dari workshop tidak wajib untuk diikuti.

Workshop berdasarkan lembaga/organisasi

Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi ini merupakan workshop yang bergantung kepada penyelenggaranya. Biasanya pembahasan di dalam workshop ini juga terbatas dalam ruang lingkup tertentu dan membahas seputar permasalahan yang muncul dan bagaimana cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Kelebihan Workshop

  • Melatih agar peserta mampu bekerjasama dengan orang lain, berpikir terbuka, ilmiah, dan kritis.
  • Memberikan peserta petunjuk praktis untuk mengerjakan suatu hal.
  • Memberikan peserta keterangan ataupun informasi yang bersifat teoritis dan mendalam terkait beberapa permasalahan tertentu.

Kekurangan Workshop

  • Terdapat kemungkinan timbulnya perselisihan dalam workshop.
  • Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar.
  • Tenaga dan biaya yang dibutuhkan cukup besar.

Ciri-Ciri Kegiatan Workshop

Pada umumnya, kegiatan workshop ini berbeda dengan kegiatan diskusi yang sering dilakukan lainnya. Jadi, berdasarkan arti dari workshop tersebut, maka setidaknya ada empat ciri-ciri utama dari workshop, yaitu:

  • Kegiatan workshop harus dilakukan oleh beberapa ahli ataupun pakar pada bidang tertentu yang sesuai dengan pembahasan atau tema workshop tersebut.
  • Topik ataupun masalah yang akan dibahas dalam workshop umumnya akan sangat fokus dan juga berasal dari para peserta workshop.
  • Umumnya, kegiatan workshop dilakukan dengan cara komunikasi dua arah antara pihak pemateri dan juga pihak peserta, sehingga nantinya diperlukan peran aktif peserta agar kegiatan workshop menjadi tidak membosankan.
  • Aktivitas workshop juga dilakukan dengan metode resource materials dan resource person, sehingga setiap peserta di dalamnya harus mampu aktif berpartisipasi agar kegiatan workshop bisa dilakukan dengan baik.

Perbedaan Workshop, Training, dan Seminar

Workshop, training dan seminar memiliki perbedaan yang cukup besar pada tujuan, acara, peserta, dan juga durasi dari acara tersebut. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

Tujuan Acara 

  • Workshop : mencari jalan keluar atas masalah yang dijadikan topik pembahasan, jadi para peserta akan diminta untuk mencari solusi terbaik dengan konsep yang sudah dijelaskan di dalam workshop.
  • Training : melatih para peserta workshop agar lebih profesional dengan berbagai latihan yang dilakukan secara lebih intensif dalam beberapa waktu sampai tujuan tersebut bisa dicapai.
  • Seminar : penjelasan materi terkait informasi atau perkenalan pada suatu program kepada para peserta agar bisa diajak untuk mengikuti acara tersebut.

Peserta Acara

  • Workshop : setiap peserta adalah orang yang sudah secara signifikan mampu menguasai materi atau yang sedang mendalami materi dan bisa juga orang awam
  • Training : setiap peserta di dalamnya haus akan skill baru untuk menjadi seorang profesional atau minimal mampu menguasai materi dan ingin menjadi semakin profesional.
  • Seminar : setiap peserta umumnya adalah orang awam ataupun orang umum.

Durasi Acara

  • Workshop : workshop biasanya dilakukan selama 1 hingga 3 hari tergantung topik yang hendak dibahas dengan durasi umum 5-9 jam per hari.
  • Training : acara ini biasanya memiliki waktu durasi yang lama sesuai dengan kompetensi ataupun materi dalam pelatihan tersebut. Waktunya bisa lebih dari 1 hari bahkan lebih dari 1 minggu.
  • Seminar : acara ini umumnya dilakukan cukup singkat, mulai dari 1 hingga 3 jam.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again