1. Lifestyle

Versi Baru Xbox Game Bar Dapat Dikustomisasi dengan Widget Aplikasi Pihak Ketiga

Bakal dilengkapi Widget Store-nya sendiri

Sejak diperkenalkan bersama Windows 10, fitur Xbox Game Bar sudah berevolusi beberapa kali. Fitur yang dapat diakses dengan menekan tombol "Win + G" ini menawarkan banyak fungsi, namun saya pribadi lebih sering menggunakannya untuk merekam sesi gaming atau mengambil screenshot.

Tahun lalu, Microsoft memperbarui Xbox Game Bar dengan satu aspek yang cukup penting, yaitu kustomisasi. Selain dibebaskan mengubah tampilan atau layout Xbox Game Bar, pengguna juga dipersilakan menambahkan integrasi Spotify, sehingga layanan streaming musik itu dapat diakses tanpa perlu meninggalkan game (Alt + Tab).

Integrasi Spotify itu hadir dalam bentuk sebuah widget khusus, dan ternyata ini baru awal dari rencana besar Microsoft. Baru-baru ini, Microsoft mengumumkan versi anyar Xbox Game Bar yang bahkan dilengkapi Widget Store-nya sendiri.

Widget Store ini bisa diakses langsung melalui menu Xbox Game Bar. Dari situ pengguna bisa meng-install widget milik berbagai aplikasi pihak ketiga macam Spotify itu tadi. Beberapa yang sudah tersedia di antaranya adalah XSplit GameCaster Widget, yang mempersilakan pengguna mengatur fungsi live streaming XSplit langsung dari Game Bar.

Selanjutnya, ada widget Razer Cortex yang menawarkan fitur optimasi performa, serta info-info menarik seputar cryptocurrency yang dimiliki Razer. Terakhir, ada widget Intel Graphics Command Center untuk mengatur sejumlah parameter display maupun fungsi streaming.

Berbekal Game Bar SDK yang Microsoft sediakan, developer mana pun bebas mengembangkan widget-nya untuk Xbox Game Bar. Untuk sekarang, Xbox Game Bar versi anyar yang mendukung widget pihak ketiga ini masih berstatus beta. Perilisan finalnya pasti menunggu lebih banyak developer menciptakan widget-nya masing-masing.

Sumber: Windows Central dan Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again