20 September 2016

by Bambang Winarso

Yi M1, Kamera Mirrorless Murah Semewah Leica Resmi Diumumkan

Yi M1 merupakan kamera terbaru yang diproduksi oleh Xiaoyi yang merupakan anak perusahaan Xiaomi

Ketika terjun ke industri mobile, Xiaomi disebut-sebut membidik Apple untuk digulingkan. Terbukti sejumlah perangkat mereka kala itu mempunyai rancangan dan fitur yang hampir mirip dengan punggawa Apple. Dalam prosesnya, Xiaomi menggunakan strategi penentuan harga yang jauh lebih murah tapi dengan kualitas produk yang mengundang decak kagum.

Sukses mengibarkan benderanya di jajaran produsen mobile elit dunia, membuat Xiaomi ingin mencoba petualangan baru. Maka jadilah mereka merambah banyak sektor industri perangkat mulai dari drone, alat-alat rumah tangga, elektronik dan juga kamera.

Di ranah terakhir, melalui anak perusahaannya bernama Xiaoyi, Xiaomi kembali meluncurkan kamera baru bernama M1 atau Yi M1. Sebuah kamera mirrorless yang punya tampilan semewah Leica tapi dengan harga yang jauh lebih bersahabat. Boleh ragu, tapi yap! kamera Xiaoyi M1 sudah memboyong teknologi Micro Four Thirds yang merupakan standar baru dalam dunia fotografi digital.

Xiaoyi membekali kamera Yi M1 dengan sensor buatan Sony beresolusi 20.16MP dengan ISO sampai dengan 12600, sudah mendukung format RAW dan dilengkapi super fast continuous shooting dan tentunya mechanical shutter.

Bicara lensa, Yi M1 dihuni oleh dua lensa teranyar, lensa zoom 12-40mm f/2.5-5.6 dan lensa fixed focus 42.5mm dengan aperture f/1.8. Dengan sensor ini, tak heran bila selain piawai dalam hal kualitas jepretan, Yi M1 juga mampu melahap video dengan resolusi 4K.

Di bagian belakang kamera terdapat layarย 3 inci dengan resolusi 720 x 480 piksel yang juga mendukung input sentuhan. Tak lupa Xiaoyi juga membenamkan fitur WiFi dan Bluetooth untuk mempermudah transfer data ke perangkat lain.

Yi M1 akan dijajakan melalui JD.com di Tiongkok dengan banderol sekitar 2199 Yuan atau setara dengan Rp 4,3 juta-an. Harga ini untuk kamera Yi M1 dengan lensa standar. Pabrikan juga menawarkan konfigurasi lain misalnya dengan dua lensa kit seharga Rp 5,9 juta. Dengan harga ini, Leica tampaknya harus waspada mengingat kali ini sepertinya Xiaomi mengarahkan bidikan ke mereka.

Sumber berita Engadget dan Xiaoyi.