26 January 2018

by Bambang Winarso

Xiaomi Jajakan Redmi 5 Varian Baru dengan RAM 4GB

Selain RAM, tak ada perbedaan yang ditawarkan, harganya sudah barang tentu lebih mahal

Xiaomi Redmi 5 merupakan smartphone dengan misi khusus. Kenapa begitu? Karena, smartphone berbanderol Rp 1.6 juta-an ini merupakan smartphone pertama Xiaomi yang mengemas layar penuh 18:9, sehingga ia juga disebut sebagai smartphone perusak harga pasar karena harganya yang paling murah di antara smartphone layar penuh lainnya.

Ketika hadir bersama varian Plus, Redmi 5 ditawarkan dalam dua varian, RAM 2GB dan 3GB masing-masing dengan penyimpanan 16GB dan 32GB. Tapi Xiaomi rupanya diam-diam sudah meluncurkan varian ketiga yang lebih garang dengan RAM 4GB dan penyimpanan seluas 32GB. Varian baru ini dibalut warna hitam, emas dan biru muda dengan harga di kisaran $174 yang jika dikurskan ke Rupiah menjadi Rp 2.3 juta-an atau lebih setelah ditambah pajak dan biaya ini dan itu. Xiaomi sendiri belum menyatakan rencananya meluncurkan varian baru ini ke luar Tiongkok.

Tak ada perbedaan lain yang ditawarkan oleh varian baru Xiaomi Redmi 5 ini. Dengan demikian, praktis spesifikasi dan wujudnya masih benar-benar sama. Sedikit mengulang kembali, Redmi 5 menawarkan layar 5,7 inci yang lebih mungil ketimbang seri Plus-nya yang 5.99 inci. Masih dengan resolusi yang sama, dapur pacunya dihuni Snapdragon 450 yang ditopang baterai sebesar 3.300mAh.

Kamera Redmi 5 tak terlalu istimewa, tapi cukup baik untuk ukuran smartphone Rp 1 juta-an. Di belakang, ia menawarkan mata beresolusi 12MP dan di depan hanya 5MP. Sementara sensor sidik jari disematkan di bagian belakang menemani kamera utama dan LED flash. Dukungan sejumlah konektivitas standar dipastikan tersedia bersama dukungan dual SIM hybrid.

Kedatangan varian baru bukan hal aneh dan bagi sebagian orang ini merupakan kabar baik. Tapi membayar tambahan lebih dari Rp 600 ribu hanya untuk RAM ekstra sebesar 1GB, rasanya kurang sepadan. Dengan uang sebesar Rp 2,3 juta sampai Rp 2,5 juta, Anda bisa membawa pulang smartphone yang lebih menggigit.

Sumber berita Gizmochina dan gambar header Redmi 5 varian 3GB.