Categories

Gadget

Xiaomi Juga Gandeng Light untuk Tingkatkan Kemampuan Kamera Smartphone-nya

Light adalah perusahaan yang ada di balik gebrakan lima kamera di Nokia 9 PureView

Bambang Winarso - 28 February 2019

Di ajang MWC 2019 beberapa hari yang lalu, HMD Global memperkenalkan Nokia 9 PureView yang merupakan smartphone pertama di dunia yang menggendong lima buah lensa kamera di punggungnya. Menurut kabar, teknologi kamera di smartphone tersebut tidak diproduksi sendiri oleh HMD Global, melainkan hasil kerjasama dengan sebuah perusahaan lain asal AS bernama Light.

Melihat adanya ruang untuk melakukan peningkatan, Xiaomi mengambil langkah yang sama. Dikutip dari Globenewswire via Slashgear, pabrikan asal Tiongkok itu mengonfirmasi telah menjalin kemitraan baru bersama Light untuk mengembangkan smartphone berkemampuan fotografi sekelas kamera DSLR. Dengan manuver ini, jelas sekali Xiaomi punya ambisi besar untuk juga memiliki apa yang ditawarkan oleh Nokia 9 PureView.

Light sendiri mengklaim bahwa perusahaannya merupakan platform pencitraan paling canggih di dunia. Dan teknologi kamera di Nokia 9 PureView adalah bukti untuk itu. Bukti kepiawaian Light bahkan pernah ditunjukkan kala mereka merilis kamera Light L16 yang membawa bukan lima tapi 16 lensa dalam satu atap.

Tetapi Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang menyadari potensi yang ditawarkan oleh Light. Pabrikan asal Jepang, Sony juga sudah membubuhkan tanda tangannya sebagai tanda setuju guna mengembangkan teknologi serupa untuk smartphone-nya. Hanya saja, jika Xiaomi memilih untuk tidak menyebutkan secara spesifik jumlah lensa yang akan dibawa, Sony sudah mengonfirmasi bakal membenamkan empat kamera atau lebih.

Bertenagakan teknologi milik Light, Nokia 9 PureView mendapatkan dua sensor RGB 12 megapiksel dan tiga sensor monokrom 12 megapiksel dengan panjang fokus 28mm. Salah satu kemampuan istimewanya, saat mengambil foto semua sensor kamera dapat bekerja secara bersamaan untuk menangkap cahaya, warna, dan detail. Kelima citra yang ditangkap kemudian digabungkan menjadi satu hasil jepretan yang berkualitas tinggi.

Pun demikian, kemitraan ini masih sangat muda. Jadi sepertinya kita harus menunggu lama sebelum melihat produk pertama yang lahir dari kolaborasi antara Xiaomi dan Light. Mungkin saja di MWC 2020 tahun depan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter