StartupGadget

Xiaomi Luncurkan Mi Laser Projector, Kecil tapi Teknologinya Tak Kalah dari Proyektor Bioskop

Dibanderol sekitar $1.500, proyektor ini siap menampilkan layar seluas 150 inci dari jarak 50 cm saja

Sudah bukan rahasia apabila Xiaomi memproduksi perangkat elektronik dari beragam kategori meski usianya belum lebih dari tujuh tahun. Kali ini pabrikan yang bermarkas di Beijing tersebut mencoba meramaikan pasar home theater dengan sebuah proyektor istimewa: Mi Laser Projector.

Sesuai namanya, keunggulan utamanya terletak pada implementasi teknologi display laser seperti yang digunakan di bioskop. Pada kenyataannya, teknologi laser ALPD 3.0 yang digunakan perangkat ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Appotronics, yang bertanggung jawab atas proyektor-proyektor yang digunakan di hampir seluruh bioskop di Tiongkok.

Di samping itu, Xiaomi rupanya juga memanfaatkan teknologi DLP (digital light processing) hasil rancangannya sendiri bersama Texas Instruments. Dipadukan semuanya, konsumen bisa menikmati film dalam kualitas bioskop di rumahnya sendiri.

Karena perangkat ini juga masuk dalam kategori proyektor short-throw, Anda hanya perlu menempatkannya sejauh setengah meter dari tembok untuk mendapatkan proyeksi dengan bentang diagonal seluas 150 inci. Bioskop mini ini kian sempurna dengan tingkat kecerahan maksimum proyektor sebesar 5.000 lumen dan rasio kontras 3.000:1.

Sayang resolusinya hanya sebatas 1080p, tapi toh tidak terlalu menjadi masalah asalkan posisi duduk Anda tidak terlalu dekat – idealnya Anda harus berada agak jauh untuk bisa menikmati layar 150 inci secara optimal. Dimensi perangkat sendiri tergolong ringkas (410 x 291 x 88 mm), dan konektivitasnya cukup melimpah: tiga port HDMI, satu port USB 3.0, satu port Ethernet, output optical audio dan bonus speaker terintegrasi.

Tidak mengejutkan dari Xiaomi, harganya termasuk terjangkau, hanya 10.000 yuan atau sekitar $1.500. Sebagai perbandingan, proyektor 4K termurah saat ini adalah Optoma UHD60 seharga $2.000. Sayang sejauh ini belum ada informasi apakah Xiaomi akan memboyongnya ke negara lain selain kampungnya sendiri.

Yang mungkin jadi pertanyaan adalah kenapa harus proyektor laser? Well, ada banyak manfaatnya, seperti display yang lebih cerah, reproduksi warna yang lebih baik, konsumsi daya yang efisien, dan yang tak kalah penting, usia yang lebih panjang; Xiaomi mengklaim proyektor lasernya ini bisa terus digunakan selama 25.000 jam tanpa perlu diganti lensanya sama sekali.

Sumber: Engadget dan New Atlas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again