22 January 2018

by Bambang Winarso

Xiaomi Mi Notebook Air Baru Makin Garang dengan Prosesor Intel Generasi ke-8

Xiaomi Mi Notebook Air 13.3 hadir dalam dua konfigurasi, Intel Core i5 dan i7

Sejak diluncurkan pada tahun 2016 lalu, notebook pertama Xiaomi, Mi Notebook Air mengalami beberapa kali rombakan demi meningkatkan kemampuannya. Hal ini juga ditujukan untuk menjawab tuntutan kebutuhan oleh konsumen dari berbagai kelas sosial.

Di tahun 2018 ini, Xiaomi kembali melakukan penyegaran untuk seri Mi Notebook Air dengan membenamkan prosesor generasi ke-8 Intel Core i5 dan i7 yang disebut mempunyai performa dan efisiensi yang lebih baik. Sebagai penyegar ingatan Anda, bahwa di tahun pertama kemunculannya, Mi Notebook Air mengadopsi prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan juga versi Intel Core i5 generasi ke-7 versi kedua yang menawarkan performa lebih ngebut.

Di model terbaru, Mi Notebook Air 13.3 menyuguhkan komponen RAM 8GB DDR4 dan juga memori seluas 256GB PCIe SSD untuk masing-masing konfigurasi prosesor. Bagi mereka yang membutuhkan ruang simpan yang lebih lega, Xiaomi memberikan opsi untuk memperluas sesuai kebutuhan. Bahkan konsumen boleh melakukan kostumiasi speaker berjenis AKG jika menginginkan hasil audio yang lebih gahar.

Sebagai padanannya, Xiaomi membenamkan grafis NVIDIA GeForce MX150 dengan memori 2GB GDDR5 yang notabene dua kali lebih gahar dibandingkan generasi terdahulu. Resolusi layar 1080p disuguhkan bersama dengan sentuhan desain ekstra lebar dan bezel yang makin dipangkas. Dan untuk memberikan dorongan performa sekaligus menekan panas, Xiaomi menerapkan sistem pendingin baru dengan bilah metal yang dibuat makin tipis dari sebelumnya. Namun secara keseluruhan desain, Mi Notebook Air baru masih menawarkan body setebal 14,8mm seperti model sebelumnya.

Membawa sistem operasi Windows 10, Mi Notebook Air mampu bertahan selama 9,5 jam dengan sekali isi ulang. Rentang waktu yang relatif sama dengan seri terdahulu, meskipun dengan amunisi jeroan yang berbeda. Tampaknya, perlu ada semacam pengujian mendalam untuk memastikan kembali peningkatan yang ditawarkan oleh Mi Notebook Air baru agar tak terkesan sebatas β€œjanji” di atas kertas belaka.

Tapi jika Anda cukup yakin dengan iming-iming prosesor Intel generasi ke-8 ini, Anda bisa mulai menabung untuk meminang model Core i5 yang dibanderol seharga $843 (harga di Tiongkok) seandainya masuk ke Indonesia.

Sumber berita Mi.