Categories

Gadget

Lewat Redmi Note 5, Xiaomi Ingin Semua Orang Bisa Merasai Rangkaian Inovasi Smartphone Terbaru

Redmi Note 5 usung kemampuan fotografi yang diklaim sekelas smartphone flagship

Lukman Azis - 19 April 2018

Xiaomi seri Redmi dan Redmi Note telah dikenal luas sebagai smartphone yang mengusung spesifikasi mumpuni di kelasnya, namun dengan harga terjangkau yang sulit tertandingi.

Sejauh ini apa yang kurang dari seri ini? Kalau menurut saya adalah kemampuan kameranya yang cenderung kurang menonjol. Namun smartphone terbaru dari Xiaomi ini telah mengubah paradigma saya mengenai seri Redmi.

Mengusung tagline "innovation for everyone", Xiaomi resmi membawa Redmi Note 5 ke Indonesia dengan kemampuan fotografi yang diklaim sekelas smartphone flagship. Seperti apa kehebatannya?

Teknologi Dual Camera dengan AI

Redmi Note 5 dibekali kamera belakang ganda dengan sensor berukuran besar dan kamera depan yang piawai buat selfie. Xiaomi mempercanggih sistem kameranya dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan pengalaman fotografi.

Dua kamera yang berada di punggung Redmi Note 5 menggunakan sensor besutan Samsung. Lensa utamanya 12-megapixel dengan ukuran piksel lebih besar 1.4 um dan bukaan lensa f/1.9.

Sementara lensa sekundernya 5-megapixel (f/2.0, 1.12 μm) yang bertugas menangkap cahaya lebih banyak. Kombinasi tersebut memberikan kualitas hasil foto yang cerah meski dalam kondisi low light.

Xiaomi juga turut memboyong teknologi "dual pixel" yang meningkatkan kecepatan autofokus secara signifikan. Serta, stabilisasi elektronik (EIS) untuk menghasilkan video yang mulus minim guncangan.

Untuk menghasilkan foto bokeh lebih maksimal, mode pengambilan gambar portrait telah didukung dengan AI. Jadi gini, sistem kamera cerdas akan menjernihkan area foreground dan background, serta memperhalus batas tepian keduanya.

Mode Portrait Selfie dan AI Beauty

Bila selama ini seri Redmi cuma dibekali kemampuan selfie dengan kualitas 'apa adanya'. Di Redmi Note 5, Xiaomi membenamkan kamera depan 13-megapixel yang diracik sungguh-sungguh dengan Beautify 4.0 berbasis AI.

AI Beautify ini akan menampilkan efek yang lebih natural dan mampu menyempurnakan area wajah sehingga mirip dengan sesi makeup profesional. Di mana mampu menyamarkan kulit wajah berminyak, menghaluskan pori-pori, menyamarkan bekas jerawat, menghapus lingkaran bawah mata yang gelap, hingga memancungkan hidung.

Bila AI Beautify terlalu mengerikan buat Anda, ada mode HDR yang justru menampilkan detail sebenarnya. Satu lagi, ada mode portrait di kamera depan juga berkat teknologi AI yang membantu mengisolasi subjek dari latarbelakang.

Snapdragon 636 yang Powerful

Aspek hardware dan software merupakan hal yang tak bisa dipisahkan, keduanya harus jalan bareng untuk menyuguhkan user experience yang smooth dalam menggunakan smartphone.

Xiaomi pun tak main-main, Redmi Note 5 telah menjalankan MIUI 9 berbasis sistem operasi terbaru Android 8.0 Oreo yang kaya fitur. Kemudian kekuatan dapur pacunya menggunakan chipset powerful kelas menengah Qualcomm generasi terbaru, Snapdragon 636.

Chipset ini memiliki arsitektur octa-core 1.8 GHz Kyro 260, GPU Adreno 509, dan telah menggunakan pabrikasi 14 nm. Yang menawarkan kinerja lebih tinggi tapi dengan efisien daya lebih besar, simpelnya lebih mumpuni buat aktivitas multitasking dan lebih menyenangkan buat gaming.

Tak cuma itu, Redmi Note 5 juga telah menggunakan standar RAM baru LPDDR4X. Kelebihan RAM jenis ini terletak di konsumsi daya yang lebih rendah dari LPDDR4 yang kini banyak dipakai.

Hands-on Xiaomi Redmi Note 5

Redmi Note 5 Pro memuat layar penuh 5,99 inci, resolusi Full HD+ 1080x2160 piksel, dan aspek rasio 18:9. Permukaannya sudah berlapis 2.5D dan menawarkan tingkat kerapatan 403 ppi.

Tampangnya sangat mirip dengan Redmi 5 Plus, di mana meski bezel di sekitar layar sudah mengecil namun bezel di bagian atas dan bawah layar smartphone ini masih belum dipangkas optimal - jadi terlihat agak canggung.

Perbedaan lebih terasa setelah menyentuhnya, bila Redmi 5 Plus masih menggunakan material kombinasi aluminum dan plastik, seluruh body Redmi Note 5 telah mengadopsi aluminium. Hasilnya membuatnya terasa lebih solid saat digenggam, dibantu sudut dan tepian yang membulat lembut.

Redmi Note 5 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni black -saya benar-benar dibuat jatuh cinta dengan warna ini. Kemudian blue, tampil segar dan kekinian. Serta gold, yang membawa kesan lebih mewah tapi membosankan.

Fitur lain pada Redmi Note 5 ialah dukungan funsi dual SIM, uniknya kedua slot SIM mendukung jaringan 4G LTE. Kemudian ada face unlock, di mana kita mengunci menggunakan pengenalan wajah berbasis AI.

Harga dan Ketersediaan

Xiaomi menyediakan Redmi Note 5 dalam dua varian, RAM 3GB dengan ruang penyimpanan 32GB dibanderol Rp2.5 juta, sementara RAM 4GB dengan memori internal 64GB dijual Rp3 juta.

Harganya memang sulit dipercaya, di sini Anda mendapatkan sebuah smartphone layar penuh dengan kemampuan fotografi yang diklaim sekelas smartphone flagship dan chipset Snapdragon 636 yang menjamin performanya. Bahkan menurut saya mampu berhadapan langsung dengan smartphone kelas menengah terbaru lainnya seperti Vivo V9 dan Oppo F7.

Tertarik? Flash sale akan diselenggarakan pada tanggal 25 April di Lazada dan akan tersedia secara offline di semua authorized Mi Store mulai tanggal 28 April.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter