Categories

Berita

XL Gandeng Platinum Healthcare Kembangkan Solusi e-Health di Indonesia

Randi Eka - 1 October 2014

Pemanfaatan teknologi cloud computing kini sudah begitu berkembang, tidak hanya untuk menangani kebutuhan bisnis saja, namun sudah merambah ke sektor lain, seperti kesehatan (e-health). Pasar e-health di Indonesia kini mulai diramaikan oleh inovasi dari berbagai perusahaan, salah satunya oleh operator telekomunikasi, seperti yang dilakukan oleh PT XL Axiata Tbk (XL). Dengan menggandeng PT Platinum Healthcare, sebuah perusahaan yang mengembangkan solusi medis, XL akan merilis sebuah sistem berbasis cloud computing untuk menangani berbagai transaksi yang berkaitan dengan sistem administrasi kesehatan.

Kerja sama XL dengan Platinum dirintis untuk menyediakan solusi proses administrasi medis kepada pengguna layanan asuransi kesehatan, layanan administrasi rumah sakit, dan pemegang kartu kesehatan. Sebelumnya XL juga telah bekerja sama dengan PT Asuransi Umum Mega dan mengeluarkan produk Mega XL Proteksi Diri untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan layanan asuransi.

"Kami sudah bermain di e-health secara bertahap, mulai dari aplikasi, komunitas, sekarang menggandeng private sector. Posisi Platinum selain teknologi partner, mereka membawa kita ke pasar e-health," ungkap General Manager Cloud and Marketing Machine Technology XL, Arkav Juliandri sesuai yang dikutip oleh IndoTelko. "Solusi ini menjadi jembatan antara asuransi kesehatan dan rumah sakit. XL porsinya untuk konektivitas, professional services, dan infrastruktur. Kita juga ikut investasi di sisi terminal tap kartunya."

Pada tahap awal implementasi, XL dan Platinum akan mengembangkan sistem untuk percepatan proses administrasi dan pembayaran. Platform 1-TAP milih Platinum akan didistribusikan ke 50 rumah sakit di tahun ini, dan ditargetkan akan melenggang di 400 rumah sakit di tahun 2015. Sistem ini dinilai akan mampu mempercepat proses administratif seperti proses pendaftaran, penagihan dan proses klaim asuransi yang lebih cepat dibanding dengan sistem konvensional.

Platinum Healthcare sebagai perusahaan yang bergerak dibidang solusi medis sudah memiliki beberapa klien diantaranya Astralife, Manulife, dan Tugu Pratama. Sedangkan pelanggan korporasinya seperti Takeda Pharmaceuticals, Dexa Medika, dan beberapa afiliasi perusahaan Pertamina. Platinum juga mengelola Assitance Services di Indonesia untuk Cega, IMG Travel Guard, dan Healix International.

Saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 10 juta pemegang polis asuransi kesehatan, dan ini akan menjadi peluang emas untuk mensukseskan layanan clearing administrasi untuk e-health. Dan peluang ini kan terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan perencanaan asuransi kesehatan.

 

[Ilustrasi Gambar: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter