XL IoT, divisi khusus XL Axiata yang menangani produk-produk Internet of Things (IoT), menambah portofolio IoT mereka melalui layanan baru yang diberi nama YuBox. YuBox merupakan sebuah solusi terintegrasi berbasis Wi-Fi yang bisa menjadi media penyebaran bebergai jenis informasi, seperti iklan, konten aplikasi, video atau musik.

“Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat menawarkan kesempatan yang sangat luas bagi kita untuk menemukan solusi-solusi untuk kebutuhan perorangan maupun korporasi. Di XL, kami tidak pernah berhenti mencari dan melahirkan solusi-solusi IoT untuk berbagai keperluan. Layanan baru YuBox adalah salah satu yang paling baru dan siap dimanfaatkan dunia usaha,” ujar Chief Digital Service Officer XL Ongki Kurniawan.

Ongki menambahkan bahwa tak hanya menawarkan konektivitas, melalui XL IoT pihaknya juga memberikan solusi berupa platform, aplikasi dan perangkat IoT yang dapat memudahkan pelanggan dalan memenuhi kebutuhannya. YuBox sendiri sebelumnya telah diperkenalkan di acara Asia IoT Platform yang diselenggarakan akhir Agustus silam di Jakarta.

YuBox bekerja dengan memanfaatkan jaringan data XL dan platform aplikasi yang terhubung dengan perangkat WiFi Router. Saat YuBox diaktifkan di lokasi yang telah ditetapkan, pengguna mobile dapat mengakses browser atau Internet secara otomatis tanpa memerlukan proses otentifikasi. Selanjutnya landing page, konten berita, promo dan hiburan lainnya dapat diakses oleh pengguna secara online maupun offline.

Sebelumnya YuBox ini sudah diuji oleh beberapa pelanggan di level korporasi. Hasilnya XL mengklaim bahwa hadirnya YuBox di perusahaan mampu memberikan nilai tambah dalam hal pemberian service delivery ke pelanggan akhirnya. Selain itu YuBox juga dapat menjadi sarana revenue stream baru untuk pemasangan iklan dalam laman konten aplikasinya.

Setelah XL IoT diperkenalkan pada April 2015 lalu XL telah beberapa kali meluncurkan layanan berbasis IoT, seperti layanan Enterprise, aplikasi SIMPLY dan layanan Multi Carrier VPN Access.

Pihak XL mengungkapkan bahwa layanan YuBox ini didesain untuk menyasar pelanggan tingkat korporasi dari berbagai segmen industri seperti transportasi, ritel, dan bisnis lain yang memanfaatan layanan publik.

Pelaku usaha yang berminat dengan YuBox bisa melakukan pesanan di portal yang sudah ditentukan. XL akan menyediakan perangkat router WiFi, platform aplikasi konten, dan kartu pascabayar berikut dengan paket data Internet.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.