1. Startup

XL, Telkomsel dan Indosat Umumkan Kerjasama Strategis Untuk Mobile Payment

Tiga telko terbesar di Indonesia: Telkomsel, XL dan Indosat hari ini mengumumkan kerjasama strategis yang melibatkan platform transfer uang mobile miliknya masing-masing. XL Tunai, Dompetku Indosat dan Telkomsel TCash mengumumkan integrasi antara ketiganya, memampukan pengguna untuk mengirim uang via SMS melalui ketiga jaringan tersebut.

Dalam sebuah pengumuman hari ini, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengemukakan antusiasmenya dengan kerjasama ini yang akan lebih jauh mendorong adopsi pembayaran digital dan juga mendukung program pemerintah untuk masyarakat cashless. Tidak kurang dari 230 juta pengguna masuk ke dalam jaringan ketiga telko ini yang nantinya akan bisa mengirimkan uang. Misalnya, pengguna TCash bisa mengirimkan uang ke pengguna XL Tunai atau Dompetku, dan juga berlaku sebaliknya.

Sejauh ini, beberapa perusahaan memang terus berusaha untuk memberikan solusi untuk isu pembayaran digital di Indonesia dan terus mendorong dari sisi regulasi pemerintah hingga ke edukasi konsumen. Hampir semua perusahaan yang ada masih fokus ke pembayaran berbasis bank (kartu kredit/debit) meskipun sudah terlihat usaha dari telko untuk turut memberikan solusi berupa platform mobile payment.

Perusahaan seperti Coda Payments telah berusaha masuk ke pasar Indonesia dengan bekerjasama dengan telko Axis, namun masih dibatasi oleh eksklusivitas. Kebanyakan perusahaan telko ingin menutup jalur kepada kompetitornya, namun kerjasama antara XL, Indosat dan Telkomsel ini sudah memperlihatkan tingkat kedewasaan para telko untuk bisa membuka diri dan bekerja bersama kompetitornya. Kerjasama ini diharapkan bisa mengembangkan industri dan juga pasar (konsumen) secara bersamaan.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC '13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung's mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again