26 February 2014

by Yoga Wisesa

XY, Tracking Tag Praktis 'Anti Lupa'

Seberapa sering Anda lupa menempatkan benda-benda penting di rumah atau di kantor - kunci mobil, kunci rumah, dompet, flash drive atau bahkan peliharaan marmut Anda? Tim inventor asal San Francisco berhasil menemukan sebuah solusi mudah untuk Anda, dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth dan fungsi tracking tag.

Mengenalkannya dengan nama XY, perangkat ini adalah sebuah tracking tag yang ditenagai Bluetooth yang bisa Anda tempatkan dimanapun. Idenya sungguh sederhana, saat Anda tambatkan XY di gantungan kunci atau kalung leher kucing, maka produk ini akan tersinkronisasi dengan smartphone. Dengan mengakses aplikasinya, pada dasarnya Anda bisa menemukan benda apapun.

Walaupun terdengar sederhana, manusia menghabiskan banyak waktu untuk mencari benda-benda yang mereka lupa tempatkan. Rata-rata tiap orang membutuhkan sepuluh menit untuk mencari benda-benda itu.

Memang terdengar remeh, tapi itu berarti Anda menghabiskan waktu empat jam dalam sebulan, dan dua hari penuh dalam setahun. Dalam hidup manusia, kita menghabiskan enam bulan hanya untuk mencari dan mencari. Enam bulan adalah waktu yang berharga.

 

Info menarik: HTC Perkenalkan Dua Smartphone Kelas Menengah Desire 816 dan Desire 610

 

Didesain dengan bentuk pipih dan mungil berbentuk segi enam, XY bisa Anda taruh di kunci, sebagai gantungan tablet, dompet, koper hingga Anda bisa gunakan sebagai gantungan kalung hewan peliharaan. Hebatnya, Anda bisa menggunakan XY dalam jumlah yang tak terbatas untuk tersinkronisasi dengan smartphone.

Data antara XY yang Anda miliki dengan pengguna lain akan disimpan dalam sebuah server milik tim XY-FindIt. Terdapat sistem pengaman di dalamnya dimana satu pengguna hanya bisa mengakses dan mendeteksi tracking tag miliknya. Ia terkoneksi dengan sinyal Bluetooth LE ke perangkat pintar Anda.

Terdapat tiga mode yang bisa Anda manfaatkan: Find-It, Keep-It dan Lost-It. Mode Find-It memungkinkan Anda melacak tag XY dalam jangkauan smartphone. Di dalam aplikasi, sebuah indikator akan membantu Anda menemukannya. Namun jika XY berada di luar jangkauan, aplikasi akan menunjukkan dimana terakhir ia terlihat.

 

Info menarik: Seri Nokia X, Ponsel Nokia yang Bisa Menjalankan Aplikasi Android

 

Mode kedua dirancang khusus untuk objek-objek yang tidak ingin Anda lupakan. Saat Keep-It diaktifkan, smartphone akan mengingatkan pengguna jika mereka meninggalkan tag XY dalam jarak tertentu. Dengan begini, Anda tidak akan lagi melupakan benda-benda penting.

Dan mode Lost-It akan sangat berguna dalam situasi-situasi tertentu. Di sini Anda bisa 'menandai' tag-tag yang menghilang via aplikasi. Setelah diatur, XY akan mengingatkan penggunanya jika mereka kebetulan berada dalam jangkauan. Mode ini juga bisa menginformasikan Anda dimana terakhir tag terlihat.

Para desainernya memastikan bahwa XY dirancang dengan ketangguhan serta keamanan sistem yang tinggi. Itulah dua hal penting yang dibutuhkan dalam menjaga barang-barang berharga Anda.

Saat ini XY berada dalam tahap pengumpulan dana di Kickstarter, untuk harganya sendiri, Anda bisa menjadi backers dan memilih harga satu unitnya US$ 15. Paket tiga buah tracking tag XY disajikan hanya US$ 40, tujuh buah seharga US$ 75 dan sepuluh buah ditawarkan seharga US$ 100.

Dalam kampanye Kickstarter tersebut XY membutuhkan US$ 45.000 untuk merealisasikan XY. Sejauh ini kampanye mereka berjalan cukup baik. Target stretch akan berakhir sekitar 54 hari lagi.