23 February 2015

by Glenn Kaonang

XYZE On Adalah Solusi Atas Problem Salah Ukuran Pakaian Saat Berbelanja Online

Berbelanja online adalah metode yang sangat efisien. Tidak banyak waktu yang terbuang, dan kita bisa melakukan semuanya langsung dari rumah masing-masing. Namun dalam berburu pakaian baru secara online, seringkali yang menjadi masalah adalah kita tidak bisa mencobanya. Alhasil, salah ukuran pakaian adalah hal yang cukup umum terjadi saat berbelanja online.

Sebuah startup asal Itali, XYZE, ingin menawarkan solusi atas problem ini. Mereka pun meluncurkan perangkat wearable pintar melalui situs crowdfundingIndiegogo.

Bernama On, perangkat dari XYZE ini sejatinya merupakan sebuah pita pengukur seperti yang biasa kita lihat di meja para penjahit. Akan tetapi ia dirancang khusus untuk para konsumen toko busana online yang acap kali kebingungan melihat variasi standar ukuran (S, M dan L) yang dipakai oleh berbagai brand.

Info menarik: Tago Arc, Gelang E-Ink dengan Variasi Desain Hampir Tak Terbatas

Pada pita milik XYZE On, Anda tidak akan menjumpai garis-garis dalam skala mm maupun cm. Hal ini dikarenakan XYZE On melakukan pengukuran dengan bantuan aplikasi pada perangkat mobile. Pitanya dapat menjulur hingga 160 cm, dan dapat Anda lingkarkan dengan mudah di beberapa bagian tubuh seperti leher, dada atau pinggang – ini yang dimaksud oleh pihak pengembangnya ketika menyebut On sebagai perangkat wearable.

XYZE On menggunakan koneksi Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke perangkat iOS 8 atau Android 4.4 KitKat via aplikasi pendampingnya. Ia dibekali baterai kancing berdaya 3V diklaim dapat bertahan hingga 48 bulan lamanya.

Dalam aplikasi pendampingnya, Anda bisa menyimpan seluruh pengukuran bagian tubuh Anda menjadi sebuah profil digital yang mudah dipahami. Dari situ, algoritma racikan XYZE akan menyesuaikan pengukuran Anda dengan standar milik bermacam brand fashion yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

Info menarik: Neptune Duo, Dua Perangkat Pintar yang Saling Melengkapi

Sederhananya begini: berbekal data ukuran leher, bahu, dada, perut dan pinggang sekian cm, algoritma XYZE akan mengonversikan semua itu menjadi ukuran XS, S, M, L atau XL – atau standar lain yang dipakai oleh brand fashion tertentu.

Lebih sederhana lagi, ketika brand-brandfashion ke depannya telah mengintegrasikan widget milik XYZE ke situsnya masing-masing, Anda hanya perlu menekan tombol “What’s My Size?” dan ukuran pakaian yang cocok akan segera diketahui berdasarkan profil yang tersimpan dalam akun XYZE Anda.

Pledge paling rendah untuk mendapatkan satu unit XYZE On saat ini adalah €39 (Rp 575 ribu), plus biaya pengiriman internasional sebesar €45 (Rp 660 ribu). Saya pribadi melihatnya sebagai kado yang ideal untuk pasangan yang gemar berbelanja online. Namun pastikan frekuensi belanjanya tidak bertambah “gila” setelah menggunakan XYZE On. :)

Via: TechCrunch.