1. Startup

Yahoo BOSS Lebih Besar Dari Ask.com

Yahoo BOSS adalah salah satu produk API dari Yahoo yang dirilis pertengahan tahun kemarin yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan search service dari Yahoo. Yahoo bahkan menggelar kompetisi mash-up Yahoo BOSS bekerjasama dengan Mashable November 2008 lalu untuk mempromosikan Yahoo BOSS.

Semenjak itu Yahoo BOSS menjadi sangat populer dan bahkan digandrungi oleh banyak pengembang dari dalam dan luar negeri. Data Yahoo bahkan menyatakan Indonesia mengalahkan India di bidang mashup programming di platform Yahoo seperti Yahoo BOSS, YQL, dan Yahoo Blueprint.

Hari ini Yahoo mengumumkan bahwa penggunaan Yahoo BOSS API meningkat tajam (! milyar queries) bulan ini saja, atau naik 3 kali lipat dibandingkan 6 bulan lalu. Yahoo juga mengklaim jumlah ini mampu mengalahkan gabungan search query di Ask.com + Facebook dan juga hampir mengejar ketertinggalan dengan Microsoft.

Meskipun Yahoo terkesan sudah sekarat, namun rupanya masih mampu menciptakan inovasi baru seperti Yahoo BOSS API. Filosofi dibelakangnya pun cukup menarik, jika tidak mampu mengembangkan search engine yang bagus ya serahkan pada pengembang untuk berkreasi dengan search engine anda. Masa depan Yahoo BOSS saya pikir sangat cerah terutama dengan dukungan dari komunitas programmer yang loyal.

Bagaimana menurut anda? Apakah Yahoo BOSS cukup kuat untuk membuat Yahoo bangkit kembali?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again