1. Startup

Yahoo! dan Zynga Jalin Kerjasama

Masih hangat tentang berita akuisisi atas Koprol, Yahoo! maju terus untuk menambah fasilitas dalam layanan mereka. Sebelumnya Yahoo! juga telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan Nokia.

Seperti yang ditulis Reuters, kerjasama antara Yahoo! dan Nokia ini berkaitan tentang penyediaan teknologi maps dan navigasi untuk Yahoo! sedangkan Nokia akan menggunakan layanan e-mail dari Yahoo! pada ponsel keluaran mereka.

Kerjasama antara vendor ponsel dan Yahoo! bukan yang pertama kali, beberapa waktu yang lalu Yahoo! juga melakukan kerjasama dengan Samsung. Dan kali ini, Yahoo! melakukan kerjasama dengan salah satu penyedia social web game paling populer saat ini Zynga.

Seperti yang diumumkan lewat press release mereka, kerjasama ini merupakan komitmen Yahoo! untuk menawarkan pengalaman personal yang relevan bagi para pengguna layanan Yahoo! terutama bagi gamers.

Setelah kerjasama dengan Facebook dan Twitter, maka kerjasama dengan Zynga ini sepertinya akan semakin menambah pengalaman sosial pengguna Yahoo!, tentunya lewat aplikasi game, karena Zynga telah memiliki sekitar 35 juta unique users yang memainkan permainan mereka setiap harinya.

Selain itu, seperti yang dikatakan founder dan CEO Zynga, Mark Pincus dalam rilis resmi dari Yahoo!, permainan sosial semacam yang dibuat Zynga ini, bertumbuh pesat dan menjadi sumber hiburan yang diakses dari seluruh dunia, mengalahkan televisi.

Kerjasama Yahoo! dengan Zynga yang diharapkan akan berjalan dalam beberapa bulan ke depan adalah kemudahan user yang nantinya bisa mengakses permainan keluaran Zynga serta update-nya melalui layanan Yahoo! seperti Homepage, Yahoo! Games, Yahoo! Mail, Yahoo! Messenger serta layanan Yahoo! lainnya.

Kemudian kemudahan dalam melakukan update lewat layanan Yahoo! sambil tetap bermain Zynga. Dan integrasi produk dari berbagai permainan keluaran Zynga dengan menggunakan YAP (Yahoo! Application Platform).

Zynga tentu saja akan menikmati keuntungan atas pengguna Yahoo! yang kini berjumlah lebih dari 600 juta orang di seluruh dunia. Zynga sendiri, meskipun telah membuat kontrak dengan Facebook, sepertinya tetap bersiap-siap untuk melebarkan sayapnya dalam mengembangkan layanan mereka, seperti yang ditulis TechCrunch, Zynga dikabarkan juga tengah mempersiapkan peluncuran portal independen 'Zynga Live' untuk permainan yang mereka produksi.

Bagi saya yang tidak terlalu suka bermain game, baik di Facebook maupun di web, bisa jadi pengumuman kerjasama ini mungkin akan menjadi 'ancaman' apakah layanan Yahoo! nanti jadi akan 'penuh sesak', terutama di halaman utama seperti homepage dan mail, karena jika melihat antusias para pengguna atas permainan Zynga di Facebook, bisa jadi layanan Yahoo! juga akan ramai dengan permainan mereka seperti FarmVille dan MafiaWars.

Bagi anda yang suka bermain game, bisa jadi kerjasama ini adalah yang anda tunggu, terutama untuk pangguna lokal, dimana Yahoo! merupakan salah satu layanan populer, dan penggunanya tidak sedikit, apalagi user internet kita juga sangat demen main game. Kombinasi yang pas untuk saling memberikan keuntungan bagi dua belah pihak.

Mari kita lihat efek kerjasama ini baik atas Zynga maupun Yahoo! khusus untuk Yahoo!, sepertinya usaha mereka akan terus berjalan untuk memperluas, memelihara user dan meningkatkan akses mereka atas pasar lokal dan global, termasuk emerging market, Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again