1. Startup

Yahoo! Hentikan Dukungan Untuk Aplikasi iPad Yahoo! Mim

Beberapa dari Anda mungkin pernah menggunakan Yahoo! Mim, versi lokal dari Yahoo! Meme yang lahir di bulan November 2009, sebagai platform blog atau photoblog. Meskipun mengetahui tentang layanan ini, saya baru tahu bahwa Yahoo! Mim pernah memiliki aplikasi untuk iPad (iOS). Sayangnya, aplikasi iPad Yahoo! Mim termasuk dalam aplikasi mobile yang tidak lagi mendapatkan dukungan bersama dengan sepuluh aplikasi mobile lainnya. Meskipun demikian, layanan Yahoo! Mim melalui web sendiri tetap berjalan seperti biasa.

Selain aplikasi Yahoo! Mim di iPad, Yahoo! juga menghentikan dukungan aplikasi mobile untuk layanan seperti Yahoo! Meme (iPad dan iPhone), Yahoo! Answers (Android), Yahoo! AppSpot (Android dan iPhone), Yahoo! Deals (iPhone), Yahoo! Finance (BlackBerry), Yahoo! Movies (Android), Yahoo! News (Android), Yahoo! Shopping (iPhone), dan Yahoo! Sketch-a-Search (iPad dan iPhone). Aplikasi  mobile Koprol yang  merupakan bagian dari Yahoo! tidak termasuk dalam daftar ini.

Keputusan ini merupakan bagian restrukturisasi yang dipimpin oleh CEO baru, Scott Thompson. Yahoo! sendiri tetap berkomitmen untuk mengutamakan aplikasi mobile, terutama untuk iPhone dan Android. Baru-baru ini Yahoo! memperbarui aplikasi pencarian di iPhone dengan sejumlah fitur baru. Dengan restrukturisasi ini, para engineer akan fokus kepada aplikasi-aplikasi utama -- yang seharusnya meningkatkan kualitas aplikasi yang dihasilkan.

Langkah yang diambil di awal tahun ini termasuk langkah yang bisa dimengerti. Hal ini memang tidak sedrastis sejumlah langkah yang diambil dalam setahun terakhir di mana Yahoo! telah menutup sejumlah layanan dan menjual Delicious kepada AVOS -- yang dimiliki oleh para pendiri YouTube.

Yahoo! Mim sendiri nampaknya sudah tidak banyak lagi memiliki pengguna yang antusias, meskipun secara fitur seharusnya tidak kalah dengan platform serupa yang lebih populer seperti Tumblr. Akun Yahoo! Mim yang dimiliki oleh Yahoo! Indonesia sudah berhenti mempublikasikan artikel sejak akhir Juni 2010.

Yahoo! memang belum memiliki kisah sukses dalam merintis platform blog. Baik Yahoo! 360° maupun Yahoo! Pulse tidak memiliki gaung yang signifikan dibanding para pesaingnya. Saya pikir, selain mematikan aplikasinya, sudah saatnya mengevaluasi apakah Yahoo! Meme dan Yahoo! Mim masih layak dipertahankan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again