1. Startup

Yahoo Indonesia Luncurkan Meme Sebagai Mim

Yahoo! Meme adalah sebuah platform microblogging rilisan Yahoo! yang sedang dipopulerkan di beberapa negara seperti Spanyol, Portugis, Brazil dan beberapa negara lain di Asia seperti Filipina, Thailand, Vietnam dan kini tiba di Indonesia.

Namun seperti yang kita tahu bahwa kata 'Meme' justru sering dijadikan bahan ejekan dan memiliki kecenderungan untuk diasosiasikan sebagai suatu yang negatif. Maka re-branding nama 'Meme' pun dilakukan oleh Yahoo! untuk memasukkan platform 'Meme' ini ke pasar Indonesia. Jadi Yahoo! akhirnya kemarin secara resmi mengganti nama Meme menjadi Yahoo! Mim. Pada dasarnya, Mim ini hanyalah sebuah terjemahan bahasa Indonesia dari layanan Meme, namun untuk anda yang sudah menggunakan Meme maka account anda tetap bisa diakses melalui Mim tanpa mendaftar ulang. Misal : Rampok (meme) dan Rampok (mim)

Pertanyaan : Kenapa Indonesia? Sederhana saja, karena kegiatan social network dan blogging merupakan dua kegiatan online paling populer di Indonesia. Menurut Alexa, situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet Indonesia antara lain Facebook(#1), Friendster(#8), Wordpress(#7) dan Blogger(#5). Fakta yang cukup kuat untuk menjadi alasan mengapa Yahoo nekat mempenetrasi pasar Indonesia untuk produk Mim ini.

Mim ini kalau saya lihat mirip sekali dengan Tumblr, bahkan cenderung dibawah Tumblr karena Tumblr memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh Yahoo!. Meski demikian, Tumblr tidak memiliki kesempatan yang sama dengan Mim apabila Yahoo mencoba mengkonversi pengguna Yahoo Mail dan Yahoo Messenger, dua platform Yahoo yang paling populer di Indonesia.

Nah, bagaimana menurut anda mengenai Mim ini? Kira-kira mampukah Mim meraih pasar pengguna layanan Yahoo di Indonesia? Saya ingin dengar pendapat anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again